Prabowo Kirim 40 Nakes TNI ke Mesir dan Gaza

Prabowo Kirim 40 Nakes TNI ke Mesir dan Gaza

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengirim 40 nakes TNI ke Gaza dan MEsir.-Disway/Candra Pratama-

HARIAN DISWAY - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto akan mengirim 40 tenaga kesehatan (nakes) TNI ke El Arish, Mesir dan Rafah, Palestina, pada pekan ini.

Menurutnya, penugasan 40 nakes TNI untuk membantu rakyat Palestina itu merupakan wujud solidaritas Indonesia

Seluruh prajurit TNI dari tiga matra itu akan dikirim secara bertahap ke kapal RS terapung di El Arish, Mesir, dan RS lapangan di Rafah, Gaza

BACA JUGA:Ismail Haniyeh Wafat: Seruan Hari Solidaritas Palestina pada 3 Agustus

BACA JUGA:IDF Tangkap Beberapa Anggotanya Yang Diduga Melecehkan Tahanan Palestina, Aparat Sayap Kanan Tuntut Pembebasan

"Bangsa Indonesia harus menunjukkan suatu sikap solidaritas, sikap kemanusiaan dalam rangka membela semangat kemerdekaan, hak bangsa untuk hidup, dan menentukan nasibnya sendiri tanpa penindasan," kata Prabowo saat acara pembekalan di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Rabu, 7 Agustus 2024.

Dari 40 tenaga kesehatan itu, sebanyak 25 di antaranya bakal terbang dari Jakarta ke El Arish, Mesir, Jumat dini hari, 9 Agustus 2024. 

Rombongan tenaga kesehatan itu terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan bidan. Prabowo lantas berterima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan yang bertugas. "Selamat berjuang semuanya," ungkap presiden terpilih tersebut.

Sebanyak 15 tenaga kesehatan dari 25 orang yang bertugas di El Arish bakal dikirim ke RS lapangan di Rafah, Gaza. Tentu, jika situasinya dinilai aman. 

RS lapangan di Rafah juga saat ini di bawah kendali UAE. Jika 15 tenaga kesehatan itu berhasil masuk Rafah, pemerintah Indonesia akan lanjut mengirimkan 15 prajurit lainnya untuk bertugas di RS terapung di El Arish. 

BACA JUGA:Kenangan Bom Atom Hiroshima dan Kekhawatiran Perang Terkini: Pesan Damai untuk Rusia dan Israel

BACA JUGA:Pimpinan Baru Hamas Yahya Sinwar Jadi Target Israel Berikutnya

Anda sudah tahu, El Arish di Sinai, Mesir, merupakan titik berkumpulnya bantuan dari berbagai negara di dunia untuk rakyat Palestina di Gaza. 

Jarak dari El Arish ke Rafah kurang lebih 40 kilometer. Mereka bakal bertugas di El Arish dan Rafah selama 4 bulan menyesuaikan situasi di daerah tujuan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: