Paradoks Pencegahan Nuklir di Semenanjung Korea

Paradoks Pencegahan Nuklir di Semenanjung Korea

ILUSTRASI paradoks pencegahan nuklir di Semenanjung Korea.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Modernisasi persenjataan dan peningkatan teknologi merupakan langkah-langkah konkret yang diambil untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi serangan lawan. 

Meski dapat menciptakan lingkungan yang penuh ketegangan, hal tersebut juga dapat menjaga perdamaian dengan memastikan bahwa setiap tindakan agresi akan mendapatkan respons yang menghancurkan.

IMPLIKASI GLOBAL DAN SIMPULAN 

Paradoks pencegahan nuklir di Semenanjung Korea memiliki implikasi besar bagi stabilitas global. Ketergantungan pada senjata nuklir untuk menjaga perdamaian dapat memicu perlombaan senjata nuklir di wilayah lainnya dan meningkatkan risiko konflik secara global. 

Salah satu upaya dunia internasional ialah harus terus melakukan langkah untuk mencapai solusi damai yang berkelanjutan dan mengurangi ketergantungan terhadap senjata nuklir. 

Meskipun ancaman nuklir dapat menciptakan perdamaian yang rapuh, solusi jangka panjang perdamaian yang berkelanjutan adalah tujuan utama yang harus selalu wujudkan. 

Senjata yang dirancang untuk kehancuran secara total memang dapat, secara ironis, menjaga perdamaian. Namun, ketergantungan pada senjata nuklir merupakan solusi yang berbahaya dan tidak memiliki kebermanfaatan secara keberlanjutan. 

Dengan begitu, manusia yang hidup di dunia harus terus berupaya mencari jalan keluar menuju perdamaian yang abadi dan menghindari eskalasi terjadinya perang nuklir. (*)


*) Muchamad Nur Candra B. adalah Praktisi militer di lembaga pendidikan TNI-AL dan mahasiswa Pascasarjana Universitas Airlangga, Surabaya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: