Rapat Kabinet Perdana di IKN Digelar Senin Esok: Presiden, Wapres, dan Sejumlah Menteri Tiba di IKN

Rapat Kabinet Perdana di IKN Digelar Senin Esok: Presiden, Wapres, dan Sejumlah Menteri Tiba di IKN

Presiden didampingi sejumlah menteri dan pejabat saat melakukan aktivitas di KIPP IKN pada Minggu, 11 Agustus 2024. Jokowi dijadwalkan akan memimpin sidang paripurna kabinet pertama di IKN esok hari-Setpres-

HARIAN DISWAY - Sidang Kabinet Paripurna perdana di Ibukota Negara (IKN) Kalimantan Timur menurut rencana akan berlangsung pada Senin, 12 Agustus 2024 esok hari. Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dilaporkan telah tiba di IKN bersama sejumlah menteri. 

"Rapat kabinet pertama di IKN, senin besok (12 Agustus2 2024,Red)," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effedy pada Minggu, 11 Agustus 2024. 

Presiden sendiri telah tiba pada hari Minggu, 11 Agustus 2024. Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 14.00 WIB.

Setibanya di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Presiden akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Presiden akan bermalam di IKN untuk melanjutkan kegiatan keesokan harinya.

BACA JUGA:Rachel Rieva Bodori: Dari Papua Barat Daya ke IKN, Siap Kibarkan Bendera di Depan Presiden

“Presiden akan kembali berkantor di IKN selama beberapa hari ke depan. Presiden diagendakan untuk melakukan sidang kabinet paripurna pertama di IKN dan melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) sejumlah infrastruktur pendukung di IKN,” ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangan tertulisnya.

Selain Presiden dan Wapres, sejumlah menteri yang dikabarkan telah tiba antara lain Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang juga Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga tiba di Bandara Balikpapan pada hari yang sama. Dalam kunjungan kerja ini, ia akan melakukan sejumlah agenda, antara lain meninjau Pelayanan Tanah Akhir Pekan (PELATARAN). 

BACA JUGA:Bendera Pusaka dan Naskah Proklamasi Menempuh Perjalanan 1.700 Km Dari Jakarta ke IKN

AHY juga menyinggung soal rencana Rapat Paripurna Kabinet pertama esok hari. 

“Secara khusus, besok kita akan mengikuti Sidang Kabinet Paripurna pertama yang dipimpin langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo, yang menghadirkan seluruh anggota kabinet pertama kalinya di IKN. Tentunya ini akan menjadi momen yang penting dan bersejarah,” ujar Menteri AHY setibanya di Bandar Udara Internasional Sepinggan, Kota Balikpapan.

Ia berharap, dengan pertemuan esok, persiapan menuju peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus mendatang juga bisa berjalan baik. Setelah sidang kabinet, Menteri AHY juga akan mendampingi Presiden Joko Widodo melakukan groundbreaking sejumlah proyek pembangunan di IKN, yaitu PT BCA, PT Intiland, PT Hotel Papua Internasional, dan PT Royal Golden Eagle.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: