Buat Hidup Lebih Ramah Lingkungan dengan Zero Waste

Buat Hidup Lebih Ramah Lingkungan dengan Zero Waste

Ciptakan lingkungan yang bebas dari sampah dengan gerakan zero waste. --Pexels

HARIAN DISWAY Zero waste adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengurangi atau menghilangkan produksi sampah. Zero waste dilakukan dengan cara mengubah pola produksi dan konsumsi.

Membuat perubahan kecil tapi signifikan dalam gaya hidup dapat memiliki dampak besar bagi planet ini. Gerakan dengan prinsip meminimalisasi limbah adalah salah satu cara kita berkontibusi untuk masa depan yang lebih bersih dan berkelanjutan.

Ide dasar dibalik zero waste adalah menghindari produksi sampah sebanyak mungkin dan memaksimalkan penggunaan kembali, seperti mendaur ulang barang. Adanya gerakan zero waste ini, tentunya akan memberikan banyak manfaat.

BACA JUGA: 60 Mahasiswa Indonesia-Singapura Bikin Oversized Outer Berkonsep Zero Waste

1. Pengurangan Dampak Lingkungan

Manfaat utama dari zero waste adalah mengurangi dampak pada lingkungan. Dengan mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan, pencemaran tanah, air, dan udara dapat dikurangi.

2. Penghematan Sumber Daya

Zero waste juga membantu dalam konservasi sumber daya alam. Dengan mendaur ulang dan menggunakan kembali barang sebelumnya, kita mengurangi kebutuhan untuk ekstrasi dan produksi barang baru yang memerlukan bahan baku dan energi.

3. Efisiensi Ekonomi

Meskipun pada awalnya terlihat mahal, gaya hidup zero waste justru dapat membantu kita untuk menghemat uang dalam jangka panjang. Hal ini terjadi karena secara tidak sadar kita sudah mengurangi pembelian barang sekali pakai.

BACA JUGA: Keren! Iklim Fest di Ubud Jadi Festival Pertama yang Terapkan Protokol Ramah Lingkungan

Setelah itu kita bisa mulai memanfaatkan barang-barang yang sudah ada atau diperbaiki. Dengan menggunakannya kembali, pemborosan yang terjadi dapat dikurangi melalui pengeluaran uang secara impulsive.

4. Kesadaran dalam Berpikir

Adanya zero waste membuat kita menjadi berpikir lebih lanjut tentang pilihan yang akan kita buat. Zero waste juga mendorong perubahan positif dalam cara berpikir masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber