Keren! Iklim Fest di Ubud Jadi Festival Pertama yang Terapkan Protokol Ramah Lingkungan

Keren! Iklim Fest di Ubud Jadi Festival Pertama yang Terapkan Protokol Ramah Lingkungan

IKLIM Fest digelar di Bali, musisi suarakan sadar iklim. "No Music on a Dead Planet" jadi tema IKLIM Fest di Ubud Bali, yang digelar pada 4 November 2023.-IKLIM Fest-

HARIAN DISWAY - Iklim Fest: Festival Sadar Iklim dengan tema No Music on A Dead Planet digelar di Ubud, Bali, pada Sabtu, 4 November 2023. Tepatnya di kawasan wisata Monkey Forest.

Event ini sekaligus merayakan peluncuran album sonic/panic. Yang merupakan kompilasi karya 13 musisi ternama Indonesia bertema bumi dan krisis iklim. Album tersebut diproduksi oleh Alarm Records.

Para musisi yang terlibat dalam album sonic/panic, antara lain, Endah N Rhesa, Navicula, Tony Q Rastafara, Tuantigabelas, dan Iksan Skuter.

BACA JUGA: KTT AIS Forum 2023, Indonesia Susun Strategi Hadapi Perubahan Iklim dari Sektor Pariwisata

BACA JUGA: Kolaborasi Yoga dengan Plantasia di Hotel JW Marriott, Musik Meditatif dari Tanaman

Ada juga FSTVLST, Made Mawut, Nova Filastine, Guritan Kabudul, Kai Mata, Rhythm Rebels, serta Prabumi. Tiap musisi tampil secara berurutan di Iklim Fest untuk membawakan lagu-lagu mereka di album kompilasi ini.


KERN! Iklim Fest di Ubud jadi festival pertama yang terapkan protokol ramah lingkungan. Foto: Endah n Rhesa jadi salah satu pengisi Iklim Fest.-Instagram Music Declares-

Bekerja sama dengan Yowana (organisasi desa) Padangtegal dan Dietplastik Indonesia, serta beberapa mitra lainnya, Iklim Fest digelar sebagai festival sadar iklim pertama di Indonesia.

Ia menerapkan reuse protocol, atau protokol guna-ulang untuk mengurangi sampah sekali pakai yang biasa dihasilkan di festival-festival musik.

"Sampah erat kaitannya dengan isu perubahan iklim," Tiza Mafira, Direktur Eksekutif Dietplastik Indonesia.

BACA JUGA: Kompak Unjuk Rasa di 54 Negara, Suarakan Bahaya Perubahan Iklim

"Tidak hanya saat sudah menjadi sampah, plastik sudah menyumbangkan emisi sejak dari proses ekstraksi. Pencegahan sampah plastik bisa dilakukan dimana saja, termasuk kegiatan umum seperti festival musik," paparnya.

Ini adalah kali pertama reuse protocol diterapkan. Semua penyajian makanan dan minuman menggunakan wadah dan alat makan guna-ulang dari penyedia jasa guna-ulang yang diintegrasikan dengan penjual makanan dan minuman. 


IKLIM Fest digelar di Bali, musisi suarakan sadar iklim. Para musisi yang terlibat dalam IKLIM Fest di Ubud, Bali.-IKLIM Fest-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: