Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

Inilah sosok 9 Naga Indonesia yang jadi sorotan saat upacara di IKN. -Tangkapan Layar-YouTube Kompas.com

HARIAN DISWAY - Kelompok 9 Naga Indonesia tengah menjadi sorotan karena beberapa di antara mereka menghadiri Upacara HUT ke-79 RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada 17 Agustus 2024.

Pada saat upacara tersebut, Franky Widjaja, Sugianto Kusuma, Prajogo Pangestu dan Boy Thohir turut menghadiri Upacara di IKN. Keempat orang tersebut tersorot kamera dan menjadi perbincangan.

Sebab, publik mengaitkan nama-nama mereka sebagai bagian dari 9 Naga Indonesia yang diajak ke IKN.

BACA JUGA:Megawati Tak Hadir Upacara di IKN, Begini Pidatonya saat Pimpin Upacara di Sekolah PDIP

Istilah 9 Naga di Indonesia merujuk pada sekumpulan konglomerat atau tokoh-tokoh pengusaha yang dianggap memiliki pengaruh besar dalam bidang ekonomi, politik, dan media di Indonesia.

Istilah itu sering digunakan dalam pembahasan mengenai oligarki ekonomi dan bagaimana kekuatan finansial mereka berdampak pada kebijakan serta perkembangan di Indonesia.

9 Naga Indonesia muncul sebagai metafora yang menggambarkan kekuatan besar, misterius, dan berpengaruh. Mirip dengan mitos naga dalam budaya Asia yang sering dilambangkan sebagai simbol kekuatan dan dominasi.

BACA JUGA:Momen Keakraban Prabowo Duduk di Samping Jokowi Saat Upacara HUT ke-79 RI

Siapa Saja 9 Naga Indonesia ?

Tidak ada daftar resmi atau definitif terkait siapa saja yang termasuk dalam kelompok 9 Naga Indonesia, meskipun istilah tersebut ramai diperbincangkan publik.

Namun, nama-nama yang sering dikaitkan dengan kelompok ini umumnya adalah para pengusaha besar yang memiliki imperium bisnis luas dan beragam. Tentu, dengan pengaruh signifikan di Indonesia.

Beberapa tokoh yang kerap dikaitkan dengan 9 Naga Indonesia yaitu, Robert Budi Hartono, Dato Sri Thahir, Anthoni Salim, James Riady, Sofjan Wanandi, Tomy Winata, Rusdi Kirana, dan Edward Soeryadjaya.

Karena, nama-nama tersebut bukanlah kelompok yang terdaftar, maka masih ada beberapa nama yang dikaitkan dengan 9 Naga Indonesia. Termasuk yang menghadiri upacara HUT RI ke-79.

Yang pertama ada Franky Widjaja (Sinar Mas), Sugianto Kusuma (Sedayu Group), Prajogo Pangestu (Barito Pacific), dan Boy Thohir (Adaro Energy).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: