KWI Rilis Aturan Misa Agung Paus Fransiskus di GBK, Ini Daftarnya!

KWI Rilis Aturan Misa Agung Paus Fransiskus di GBK, Ini Daftarnya!

Paus Fransiskus akan tiba di Jakarta pada 3 September 2024-AFP-

HARIAN DISWAY – Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024 menjadi momen yang sangat dinantikan oleh umat Katolik di seluruh tanah air.

Antusiasme pun meluap, terutama ketika Paus Fransiskus dijadwalkan memimpin misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 5 September 2024.

Pastinya, acara itu akan menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang tak akan terlupakan. Namun, sebelum menikmati momen tersebut, ada beberapa aturan yang dibuat oleh Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan harus diperhatikan oleh umat yang hadir.

Aturan-aturan tersebut disusun untuk memastikan bahwa semua orang bisa mengikuti misa dengan nyaman, aman, dan tetap khusyuk.

BACA JUGA:Paus Fransiskus Gunakan Mobil Pindad Maung Bikinan Indonesia, Ini Spesifikasinya!

Paus Fransiskus akan memimpin acara lintas agama di masjid terbesar di Asia Tenggara, Istiqlal, Jakarta, 4 September 2024-AFP-

Salah satu aturan utama adalah larangan membawa makanan dan minuman dari luar stadion. Meski begitu, tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Sebab, panitia sudah menyiapkan 100 stan UMKM yang menyediakan beragam makanan dan minuman.

Jadi, umat bisa tetap menikmati acara tanpa perlu repot membawa bekal dari rumah. Selain itu, benda atau cairan yang mudah terbakar juga dilarang keras.

Mengingat ribuan orang akan berkumpul di satu tempat, risiko kebakaran tentu harus dihindari. Panasnya suasana di GBK, ditambah dengan potensi berdesakan, bisa memicu hal-hal yang tidak diinginkan jika benda-benda itu dibawa.

BACA JUGA:Jadwal Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Mulai 3-6 September 2024

Ilustrasi GBK--Sekretariat Negara

Kemudian, untuk memastikan semua orang bisa melihat Paus Fransiskus dengan jelas, peserta diminta untuk tidak membawa tongkat selfie, laser, atau benda-benda besi lainnya.

Begitu pula dengan poster, bendera, atau spanduk besar. Semuanya dilarang karena bisa menghalangi pandangan orang lain. Semua peserta diharapkan bisa fokus mengikuti misa tanpa gangguan visual.

Kemudian seperti biasa, aturan larangan merokok tetap diberlakukan di GBK. Ditambah lagi, larangan membawa senjata tajam dan senjata api demi keamanan bersama.

Berikut daftar aturan KWI untuk umat saat misa Paus Fransiskus:

BACA JUGA:Paus Fransiskus akan ke Indonesia, Gus Ulil: PBNU dan Nahdliyin Menyambutnya dengan Gembira!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: komsos kwi