Mahfud MD Jelaskan 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Indonesia Bubar Tahun 2030

Mahfud MD Jelaskan 4 Faktor Ini Bisa Sebabkan Indonesia Bubar Tahun 2030

Penyampaian Pidato Mahfud MD di Unhas, Makassar--Youtube Unhas TV

HARIAN DISWAY – Guru Besar Hukum dan Mantan Menkopolhukam Mahfud MD menjelaskan bahwa ada "4 Dis" yang bisa membuat suatu negara bubar.  

Hal tersebut ia jelaskan dalam sebuah unggahan di akun Instagram pribadinya pada Minggu, 25 Agustus 2024. Video tersebut merupakan cuplikan pidato Prof. DR. Mahfud MD berjudul ‘Pemetaan Politik Islam di Indonesia Jelang Pemilu 2024’.

Pidato tersebut disampaikan pada acara National Leadership Camp di Aula Prof DR Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas, Tamalanrea, Makassar, pada Kamis, 02 November 2023 lalu.

Mahfud MD memaparkan terdapat urutan 4 Dis terjadinya kehancuran sebuah negara, yaitu:

1. Disorientasi

Menyimpang dan sesat dari tujuan dan tugas pemerintahan seperti melanggar konstitusi, korupsi, dan sewenang-wenang. Manakala di suatu negara terjadi disorientasi, menyimpang dari tujuan dan ideologinya, harus berlaku adil namun tidak berlaku adil akan menyebabkan Distrust.

BACA JUGA:Revisi PKPU Resmi Diundangkan, KPU dan DPR Tak Perlu Merasa Berjasa


Unggahan akun Instagram Mahfud MD--Instagram @mohmahfudmd

2. Distrust

Distrust atau ketidakpercayaan publik karena penyelewenangan dan kesesatan pemerintahan. Dengan begitu, kepercayaan publik terhadap pemerintah, hakim, hingga jaksa akan semakin luntur. 

3. Disobedience

Ketika sudah disorientasi, lalu terjadi distrust akan muncul disobedience. Kalau orang diperlakukan tidak adil rakyat akan melawan. Pembangkangan rakyat terhadap pemerintah akan disusul terjadinya aksi-aksi masif.

BACA JUGA:Sah! DPR Setujui Draf Revisi PKPU Untuk Pilkada 2024 Sesuai Putusan MK

4. Disintegrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: