Cara Mengetahui Ponsel Disadap, Salah Satunya Baterai Cepat Habis

Cara Mengetahui Ponsel Disadap, Salah Satunya Baterai Cepat Habis

Waspada HP di hack--freepik

HARIAN DISWAY - Pada era digital seperti sekarang, ponsel telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun, dengan kemajuan teknologi, risiko keamanan juga meningkat. Salah satunya upaya penyadapan ponsel.

Penyadapan ponsel bisa terjadi pada siapa saja. Hal itu bisa berdampak pada privasi dan keamanan data pengguna. Maka, penting untuk mengetahui apa saja tanda-tanda ponsel sedang disadap dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri-Ciri Ponsel Disadap


ciri ciri ponsel di sadap--freepik

Baterai Cepat Habis

Salah satu tanda ponsel disadap adalah baterai yang cepat habis. Itu bisa disebabkan oleh aplikasi atau perangkat lunak yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan kita.

BACA JUGA:Awas Kena Hack! BSSN Ungkap Bahaya Aplikasi SocialSpy bagi Pengguna WhatsApp

Jika ponsel tiba-tiba membutuhkan pengisian baterai lebih sering dari biasanya, waspadalah. Penyadapan mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Muncul Aplikasi yang Tidak Dikenal

Aplikasi yang tidak diunduh dan muncul tiba-tiba bisa menjadi tanda ponsel disadap. Aplikasi tersebut mungkin telah diinstal oleh pihak ketiga yang mencoba mengakses data kita.

Periksa ponsel secara rutin untuk memastikan hanya ada aplikasi yang dikenal. Jika menemukan aplikasi mencurigakan, segera hapus.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Kelompok Hacker Akan Rilis Kunci Enkripsi Data PDNS 2 Surabaya Besok, Gratis!

Kinerja Ponsel Melambat

Ponsel yang lambat bisa menjadi indikator adanya aktivitas yang mencurigakan. Itu bisa disebabkan oleh aplikasi mata-mata yang berjalan di latar belakang dan menguras sumber daya perangkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber