MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin

MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin

MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin.-MotoGP-

BACA JUGA:Perjuangan Fadillah Arbi Aditama Menembus Moto3, Bintang Purworejo di Balapan Dunia

BACA JUGA:Repsol Honda Uji Coba Singkat di Misano, Langkah Penting Menuju RC213V 2025

Belum lagi karakteristik lintasan yang naik-turun, dengan kecepatan motor yang terus berubah.

Secara logika sederhana, penampang sisi kiri-kanan ban berperan dalam mempertahankan traksi saat motor menikung, sementara penampang sisi tengah menghadapi titik pengereman ekstrem.

Data suhu tertinggi lintasan Sirkuit Aragon sekitar 50°C. Inilah faktor lain yang harus diantisipasi oleh pembalap untuk mengurangi keausan ban di awal balapan.

"Seperti biasa, kami akan membawa tiga senyawa (tipe kompon) untuk bagian depan, tetapi kali ini tiga senyawa (tipe kompon), bukan dua senyawa seperti biasanya, untuk bagian belakang," ujar Piero Taramasso.

Ini berarti Michelin akan membawa ban depan dengan pilihan kompon Soft, Medium, dan Hard yang simetris.

Untuk ban belakang, kompon dibuat asimetris, dengan sisi kiri diperkuat untuk merespons lebih banyak belokan di sisi ini.

Untuk pilihan ban belakang, Michelin menyediakan tiga tipe: pertama, tipe Soft dengan kompon karet yang berorientasi pada stabilitas kecepatan; kedua, tipe Medium yang memiliki karakteristik serupa dengan tipe Soft; dan ketiga, tipe Hard yang lebih dikhususkan untuk tahan terhadap suhu tinggi.

Selain itu, Michelin juga menyediakan ban hujan dengan kompon Soft dan Medium untuk bagian depan dan belakang, namun tetap dengan kompon asimetris untuk ban belakang.

Apakah ini pertanda bahwa pertarungan pembalap akan lebih fairplay? Mengingat dominasi pembalap Ducati yang masih belum terkalahkan.

(Bagus Aji)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: