MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin

MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin

MotoGP Aragon: Ujian Berat untuk Pembalap dan Michelin.-MotoGP-

HARIAN DISWAY - Setelah absen pada musim 2023, Sirkuit Aragon kembali menggelar MotoGP pada 30 Agustus-1 September tahun ini. Sebagai salah satu sirkuit bertipe anti-clockwise dengan panjang lintasan 5.077 meter, Aragon memiliki 10 tikungan ke kiri dan 7 tikungan ke kanan.

Tantangan muncul setelah otoritas Sirkuit Aragon melakukan pengaspalan ulang lintasan secara keseluruhan. Ini menjadi beban berat bagi para pembalap dan Michelin, pemasok tunggal ban di MotoGP.

Data balap terkait traksi ban terhadap permukaan lintasan harus diubah untuk menyesuaikan kontur ban dengan aspal baru lintasan.

Tanpa data pengujian sebelumnya, ini seperti menavigasi sesuatu yang tidak diketahui bagi tim balap dan Michelin. Untuk langkah antisipasi, semua tim akan menghadirkan opsi ban belakang dengan tiga tipe kompon sebagai respons.

"Fokus utama adalah mengendalikan keausan dan panas. Ini akan menjadi dua tantangan utama akhir pekan ini," ujar Piero Taramasso, Manajer Kompetisi Roda Dua Michelin.

BACA JUGA:Marquez dan Para Pembalap Bersiap Hadapi Kejutan Sirkuit Aragon

BACA JUGA:Menunggu Pembuktian Pabrikan KTM di Sirkuit Aragon

"Mengingat kondisi yang diharapkan, kami telah memilih kompon ban yang cukup keras dari rangkaian baru kami, karena suhu lintasan di sini bisa mencapai 50°C," tambahnya.

"Kami tahu bahwa permukaan baru ini menghasilkan lebih banyak keausan pada ban belakang, tetapi juga variasi termal yang signifikan. Namun, karakteristik spesifiknya akan bergantung pada ukuran butiran permukaan aspal baru," lanjutnya.

Jika dicermati, bentuk permukaan aspal lintasan balap ada dua jenis: permukaan "tertutup," yang biasa disebut halus, dan permukaan "terbuka," yang kasar.


Jadwal MotoGP Aragon 2024, Ambisi Enea Bastianini Asapi Pecco Bagnaia-Motogp-

Oleh karena itu, penelitian dan pengukuran aspal lintasan secara mendetail diperlukan untuk menentukan kontur ban yang cocok.

Selain itu, faktor suhu lintasan harus diperhitungkan, karena suhu yang terlalu panas dapat mempercepat tingkat keausan ban.

Data balap dari musim 2022 akan menjadi acuan awal bagi semua tim. Adu keterampilan pembalap diprediksi akan terjadi mulai dari tikungan ke-8 dan ke-9 yang sangat cepat, diikuti lintasan parabolik ke kiri yang diakhiri dengan titik pengereman ekstrem untuk masuk ke tikungan ke-12.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: