Menunggu Pembuktian Pabrikan KTM di Sirkuit Aragon

Menunggu Pembuktian Pabrikan KTM di Sirkuit Aragon

Pol Espargaro menunggangi Motor KTM RC-16 yang sudah dilengkapi dengan aerodinamika baru yang menyatu dengan swing-arm saat sesi latihan bebas pertama di Red Bull Ring Austria, Jumat, 16 Agustus 2024.--Instagram/polespargaro

HARIAN DISWAY - Sirkuit Aragon, Spanyol, kemungkinan besar akan menjadi ajang pembuktian bagi semua pembalap, baik dari segi pembaruan motor maupun bagi pembalap yang belum mendapatkan tim untuk musim depan.

Salah satu yang paling menarik akan datang dari tim Red Bull KTM Factory dan tim satelit KTM Red Bull-GASGAS-Tech3 Racing, yang akan menyuguhkan pembaruan pada motor RC-16 dan penampilan pembalap di Sirkuit Aragon akhir pekan ini.

Faktor Motor di MotoGP

Ingat saat di Sirkuit Red Bull Ring akhir pekan lalu, Pol Espargaro, yang juga merupakan test rider KTM Factory, turun sebagai pembalap wildcard.

Catatannya tidak buruk; ia finis di posisi ke-11 pada race utama hari Minggu dua pekan lalu. Pol Espargaro mengendarai motor RC-16 versi 2024 spek pabrikan, dengan penambahan aero-winglet yang menempel di swing-arm serta perubahan bentuk knalpot.

Setelah seri ke-11 itu, semua tim langsung menuju ke Sirkuit Misano untuk tes privat, dan setelah itu langsung berangkat ke Spanyol untuk mempersiapkan seri ke-12 di Sirkuit Aragon akhir pekan ini.

Kemungkinan besar, semua motor KTM RC-16 akan mendapatkan pembaruan seperti yang digunakan oleh Pol Espargaro.

Pabrikan motor asal Austria itu kemungkinan akan bereksperimen dengan menurunkan mesin yang telah diperbarui saat mengaspal di Sirkuit Aragon akhir pekan ini.

BACA JUGA:Perjuangan Fadillah Arbi Aditama Menembus Moto3, Bintang Purworejo di Balapan Dunia

BACA JUGA:Repsol Honda Uji Coba Singkat di Misano, Langkah Penting Menuju RC213V 2025

Bentuk knalpotnya sebenarnya bukan hal baru bagi motor KTM RC-16 di seri 2023. Namun, pada paruh pertama lalu, KTM RC-16 menggunakan knalpot versi baru.

Dengan bentuk knalpot baru saat mengaspal di Red Bull Ring, Pol Espargaro sempat mengejutkan Ducati pada sesi latihan bebas di Sirkuit Red Bull Ring hari Jumat, 16 Agustus 2024.

Knallpot baru ini memiliki bentuk yang sedikit memanjang dan terselip di bawah buritan motor, dengan penambahan pipa penyangga kecil untuk menopang pipa utama.

Jika benar demikian, ini menandakan bahwa mesin KTM RC-16 akan menggunakan intake udara dengan model yang berbeda, serta spesifikasi mesin yang diperbarui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: