Menunggu Pembuktian Pabrikan KTM di Sirkuit Aragon

Menunggu Pembuktian Pabrikan KTM di Sirkuit Aragon

Pol Espargaro menunggangi Motor KTM RC-16 yang sudah dilengkapi dengan aerodinamika baru yang menyatu dengan swing-arm saat sesi latihan bebas pertama di Red Bull Ring Austria, Jumat, 16 Agustus 2024.--Instagram/polespargaro

Dapat dipastikan, penyaluran daya gerak dari mesin ke roda akan berbeda dari versi mesin pada paruh pertama musim ini.

Untuk menyesuaikan dengan bentuk knalpot yang sepenuhnya telah diperbarui, penambahan aero-winglet baru dengan bentuk dan posisi yang cukup radikal akan dilakukan.

Inilah mengapa ada aero-winglet yang menempel di swing-arm, yang bertujuan untuk memaksimalkan gaya downforce akibat perubahan daya gerak mesin yang berlebihan.

BACA JUGA:Markas Honda Pindah Milan untuk Sambut Fabiano Sterlacchini

BACA JUGA:MotoGP 2025-2026: Thailand Gantikan Qatar Sebagai Seri Pembuka

Juga terlihat adanya penambahan pad di sisi kanan dan kiri tangki motor, baik di tim pabrikan Red Bull-KTM Factory maupun tim satelit KTM Red Bull-GASGAS-Tech3.

Uniknya, bentuk pad itu sekilas mirip sirip tunggal yang menempel di sisi tangki RC-16. Bisa jadi, pad ini memiliki fungsi serba guna.

Saat motor melaju di trek lurus, pad di sisi tangki akan memecah laju angin yang gagal dipecah oleh fairing depan. Selain itu, pad tersebut juga sangat berguna untuk menyangga lengan pembalap saat motor sedikit rebah di tikungan.

Dari Segi Pembalap MotoGP

Ini menarik, mengingat dua pembalap tim satelit KTM Red Bull-GASGAS-Tech3 Racing adalah pembalap yang belum memiliki pengalaman balapan di Sirkuit Aragon bersama para pembalap di kelas “para Raja” MotoGP.

Meski Pedro Acosta dan Augusto Fernandes telah membela Tech3 di MotoGP 2023, Sirkuit Aragon musim lalu tidak masuk dalam jadwal seri mereka.

Kenangan terakhir Acosta dan Fernandes di Sirkuit Aragon terjadi pada musim 2022, saat keduanya masih membela tim Red Bull-KTM-Ajo Racing di kelas Moto2.

Saat itu, Pedro Acosta finis di podium pertama dan Augusto Fernandez di podium ketiga pada balapan di Sirkuit Aragon pada 18 September 2022.

Kenangan manis Pedro Acosta di Sirkuit Aragon tampaknya bisa diteruskan, meski ia masih kesulitan menjaga konsistensi penampilannya.

BACA JUGA:Cal Crutchlow Cedera, Andrea Dovizioso Ikut Test Rider Dadakan Monster Energy-Yamaha Racing

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: