Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Program Magister dan Doktor

Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Program Magister dan Doktor

ILUSTRASI Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Program Magister dan Doktor.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Indonesia ke depan membutuhkan mahasiswa baru dari jenjang pascasarjana minimal 200 ribu lulusan. Angka itu untuk mencapai posisi 3 persen angkatan kerja yang berasal dari lulusan S-2 dan S-3.

Di era persaingan antarbangsa yang makin ketat, Indonesia tidak mungkin hanya mengandalkan pada pekerja yang hanya berpendidikan SMA ke bawah atau hanya berpendidikan sarjana sekalipun. 

Untuk dunia kerja yang membutuhkan dukungan tenaga profesional, yang dibutuhkan adalah lulusan PT dari jenjang S-2 dan S-3. Kenapa? Sebab, hanya lulusan dari jenjang pendidikan S-2 dan S-3 yang memiliki kemampuan dan keahlian lebih.

Sebagai negara yang dalam proses transisi ke arah negara maju, Indonesia memiliki tantangan untuk sesegera mungkin menyiapkan para pekerja yang benar-benar berkualitas. Tidak mungkin Indonesia dapat mengakselerasi kemajuan tanpa didukung kualitas sumber daya manusia yang memadai. 

Animo yang makin besar dari warga masyarakat untuk menempuh jenjang pendidikan S-2 dan S-3 adalah prakondisi yang dibutuhkan agar bangsa Indonesia dapat segera keluar dari perangkap keterbatasan ekonomi yang dihadapi. (*)


*) Bagong Suyanto adalah dekan FISIP, Universitas Airlangga, Surabaya.--

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: