Mengelola Stres dan Gaya Hidup, Tips Kesehatan untuk Wanita Usia Menopause

Mengelola Stres dan Gaya Hidup, Tips Kesehatan untuk Wanita Usia Menopause

Mengelola Stres dan Gaya Hidup, Tips Kesehatan untuk Wanita Usia Menopause. Foto bersama seusai acara seminar Health Talk di poliklinik menopause MedicElle Surabaya.-Novia Herawati-Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Setiap wanita akan mengalami menopause. Itu fase alami yang menjadi penanda berakhirnya masa reproduksi pada wanita.

Menopause biasanya terjadi saat wanita menginjak usia 45 sampai 55 tahun. Di usia itu, wanita akan berhenti mengalami menstruasi.

Selain itu, ketidakseimbangan hormonal juga akan terjadi pada saat wanita memasuki usia menopause. Alhasil, gangguan kesehatan turut mengintai mereka.

Sahar Bawazeer dari MedicElle Clinic Surabaya, menyebut bahwa gejala yang muncul saat usia menopause beragam. Mulai dari rambut yang mulai rontok, insomnia, hingga nyeri pada sendi.

BACA JUGA:Awas! 90 Persen Pasien Kanker Payudara Tidak Merasa Sakit, Gerakan SaDaRi jadi Makin Krusial

"Ini meningkatkan risiko berbagai penyakit, seperti osteoporosis, kanker, dan penyakit jantung," ujarnyi dalam seminar bertajuk Health Talk di MedicElle Clinic Surabaya, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Acara tersebut untuk memberi wawasan terkait risiko penyakit kanker payudara.

Alumnus FK Universitas Airlangga itu tak menampik bahwa selama ini, kanker payudara menjadi momok tersendiri bagi para wanita di usia menopause.


Mengelola Stres dan Gaya Hidup, Tips Kesehatan untuk Wanita Usia Menopause. Founder MedicElle Clinic Surabaya dokter Sahar Bawazeer berbicara tentang masalah menopause.-Novia Herawati-Harian Disway -

"Kalau dulu memang kasus kanker payudara terjadi pada wanita menopause, usia 50 tahun ke atas. Sekarang kan tidak, banyak terjadi juga di usia produktif, antara usia 35 sampai 45 tahun," terang dokter spesialis bedah tersebut.

Oleh karena itu, dia menekankan bahwa penyebab kanker payudara bukan karena menopause, melainkan multifaktorial. Termasuk gaya hidup dan stresor.

Selain kanker payudara, penyakit-penyakit degeneratif juga sering terjadi pada usia menopause. Misalnya, tulang keropos dan darah tinggi.

"Makanya wanita usia menopause itu disarankan untuk lebih memperhatikan kesehatan dirinya. Jaga makan, jaga stress biar nggak darah tinggi. Asupan kalsium juga harus lebih tinggi," ujarnyi.


Mengelola Stres dan Gaya Hidup, Tips Kesehatan untuk Wanita Usia Menopause. Dokter Sahar Bawazeer sedang memberikan edukasi mengenai bahaya kanker payudara dalam acara seminar Health Talk.-Novia Herawati-Harian Disway -

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: