Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil yang Perlu Diketahui

Perbedaan Rumah Subsidi dan Komersil yang Perlu Diketahui

Beberapa perbedaan rumah subsidi dan rumah komersil yang perlu kalian ketahui--Freepik

HARIAN DISWAY - Rumah subsidi dan rumah komersil adalah dua jenis properti yang sering dipertimbangkan oleh pembeli. Keduanya memiliki perbedaan mendasar yang mempengaruhi keputusan pembelian.

Rumah subsidi adalah properti yang dijual dengan harga lebih rendah daripada harga pasar. Bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah memiliki rumah.

Program rumah subsidi biasanya disediakan oleh pemerintah atau lembaga terkait. Mereka memberikan bantuan finansial agar harga rumah menjadi lebih terjangkau.

BACA JUGA:Prabowo Siapkan Program Bangun 3 Juta Rumah Per Tahun

Salah satu ciri khas rumah subsidi adalah harga yang terjangkau yang kerap disertai dengan syarat-syarat tertentu yang harus dipenuhi pembeli.

Biasanya, rumah subsidi memiliki ukuran dan fasilitas yang lebih standar. Hal itu untuk menjaga biaya tetap rendah dan terjangkau bagi target pasar.

Selain itu, rumah subsidi sering dibangun di lokasi yang ditentukan pemerintah. Lokasi itu mungkin tidak selalu berada di area pusat kota.

BACA JUGA:Faisal Basri Unggah Tulisan ‘Rumah Indonesia, Rumah Kita’ sebelum Berpulang

Rumah komersil di sisi lain, memiliki harga yang ditentukan oleh pasar. Artinya, harga bisa sangat bervariasi. Tergantung lokasi dan kualitas properti.

Kualitas dan fasilitas rumah komersil umumnya lebih tinggi dibandingkan rumah subsidi. Termasuk ukuran yang lebih besar dan berbagai fitur tambahan.


Rumah komersil memiliki harga dan kualitas lebih baik daripada rumah subsidi --Freepik

Rumah komersil juga berada di lokasi yang lebih strategis. Lokasi yang menawarkan akses lebih mudah ke berbagai fasilitas umum.

BACA JUGA:Anggota Ombudsman RI Sambangi Rutan Trenggalek, Apresiasi Konsep Rumah Budaya dan Kemanusiaan

Proses pembelian rumah komersil umumnya lebih fleksibel. Pembeli bisa memilih berbagai jenis properti sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: beberapa sumber