Rekor Terpanas di Tiongkok , Shanghai Buka Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia

Rekor Terpanas di Tiongkok , Shanghai Buka Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia

Resor ski dalam ruangan terbesar di dunia, Shanghai L*SNOW Indoor Ski Theme Resort, 6 September 2024.-Hector Retamal-AFP

HARIAN DISWAY - Shanghai membuka resor ski dalam ruangan terbesar di dunia pada hari Jumat, 6 September 2024. Upacara pembukaanya diadakan di alun-alun Alpine. Suhu udara di sana mencapai 30 derajat Celcius pada pukul 9:00 waktu setempat. 

Namun, suhu kemudian anjlok hingga di bawah nol derajat di dalam atrium yang luas. Para pengunjung berganti pakaian dari kacamata hitam dan kaus oblong berganti baju terusan berlapis.

Di puncak sebuah piste, pemain snowboarder Jessica Zhang tidak terpengaruh oleh rekor suhu udara di bulan Agustus. “Jika berbicara tentang iklim, saya merasa suhu udara naik turun - mungkin setiap beberapa tahun sekali ada tahun terpanas,” ujarnya seperti yang dilansir dari AFP.

Mencairnya Salju

Beberapa waktu lalu memang dilaporkan bahwa bulan ini menjadi Agustus terpanas dalam 60 tahun terakhir di negeri tirai bambu tersebut. Tahun ini kemungkinan akan menjadi tahun terpanas yang pernah tercatat di Bumi, mengalahkan rekor yang dibuat pada tahun 2023, menurut pemantau iklim Uni Eropa. 

BACA JUGA:Agustus Paling Hot di Tiongkok,Rekor Baru Sejak 1961

Sementara itu, Tiongkok adalah penghasil gas rumah kaca terbesar di dunia. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini mereka juga muncul sebagai pemimpin global dalam energi terbarukan.

Dengan es dan salju yang mencair seiring dengan meningkatnya suhu dunia, perubahan iklim tersebut tentunya telah mempengaruhi destinasi ski outdoor tradisional.

“Di Tiongkok, mungkin lebih berpengaruh di bagian utara karena perubahan iklim. Lebih sedikit orang yang melakukan olahraga musim dingin di sana, jadi beberapa taman salju tidak beroperasi dengan baik, mereka menyusut,” kata Zhang Jin, seorang pemain ski berusia 48 tahun.

“Sebaliknya, hal semacam inilah yang dibuka sekarang. Yang lebih besar dan di dalam ruangan, menurut saya masih cukup bagus.”

Dukungan Pemerintah

Bahkan ketika negara ini menghangat, dukungan pemerintah yang besar dan minat kelas menengah yang terus meningkat telah membuat industri ski melesat ke tingkat yang lebih tinggi di Tiongkok. Terutama setelah Beijing menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2022.

BACA JUGA:Tiongkok Janjikan Proyek Triliun Rupiah dan Jutaan Lapangan Kerja Untuk Afrika

Negara ini memimpin dunia dalam hal pembangunan resor ski dalam ruangan. Menurut Daxue Consulting, Tiongkok memiliki setengah dari sepuluh resor ski terbaik di dunia berdasarkan luas area salju.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: afp