Progress Bandara VVIP IKN Capai 74 Persen, Menhub Targetkan Selesai Desember 2024

Progress Bandara VVIP IKN Capai 74 Persen, Menhub Targetkan Selesai Desember 2024

Terminal Bandara VVIP IKN dalam proses pembangunan. Kemenhub menargetkan pembangunan bandara yang diberi nama Bandara Nusantara tersebut selesai pada Desember 2024-Kemenhub-

HARIAN DISWAY - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memeriksa progress pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Minggu, 8 September 2024.

Berbagai kemajuan signifikan telah dicapai dalam pembangunan bandara ini. Terlebih lagi, bandara ini akan digunakan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang kabarnya akan berkantor di IKN hingga akhir masa jabatannya pada bulan Oktober.

"Pembangunan runway per hari ini telah mencapai 1.975 meter. Ini masih sesuai target kita. Dalam waktu dekat ini akan rampung hingga 2.200 meter," terang Budi.

BACA JUGA:Bandara IKN Kemungkinan Belum Siap Untuk HUT RI ke-79, Penerbangan Dialihkan Ke Bandara Sepinggan


Perkembangan pembangunan bandara IKN--BKIP Kemenhub

Pada akhir Agustus lalu, panjang runway baru mencapai 1.025 meter. Pembangunan terus berjalan cepat meskipun kondisi cuaca sedang tidak menentu grimis maupun hujan.

Selain runway, sejumlah perkembangan di area bandara juga sudah tampak. Di antaranya, pembangunan terminal VVIP telah mencapai 90,16%, meningkat dari 82,6% pada bulan sebelumnya. Sementara itu, terminal VIP telah selesai 77,06%.

Adapun untuk fasilitas penunjang, tower ATC hingga hari ini telah mencapai 53,71% penyelesaian, gedung administrasi dan operasional telah terbangun 61,03%, dan Gedung PKP-PK sudah selesai 68,71%.


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek progres pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN). -BKIP Kemenhub-

BACA JUGA: Menhub Targetkan Uji Coba Bandara IKN Bulan Juli 2024

BACA JUGA:Menhub Tinjau Pengaspalan Landasan Pacu Bandara IKN: Semoga Tidak Hujan Agar Hasil Maksimal

"Hingga saat ini pembangunannya berjalan baik. Kendala masih pada kondisi cuaca yang tidak menentu dan agak melambatkan pekerjaan. Tapi, semua masih on track," ujar Menhub.

Sementara itu, jalan penunjang akses bandara saat ini telah terbangun lebih dari 50%. Jalan akses utama sudah siap 98,53%, jalan perimeter barat mencapai 66,96%, dan jalan perimeter timur telah selesai 50,44%. Seluruh jalan ini akan mendukung akses dari dan ke bandara.

Secara keseluruhan, progres pembangunan bandara telah mencapai 74,79% dengan waktu pengerjaan 273 hari. Menhub optimis bahwa bandara akan selesai dibangun sesuai target waktu, yaitu pada 31 Desember 2024.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: