Anggaran Otorita IKN Naik Fantastis, Dari Rp505 Miliar Menjadi Rp27,8 Triliun

Anggaran Otorita IKN Naik Fantastis, Dari Rp505 Miliar Menjadi Rp27,8 Triliun

Plt Wakil Kepala Otorita IKN Raja Juli Antoni saat pengesahan pagu indikatif anggaran OIKN TA 2025 di ruang Komisi II DPR RI Senin, 9 September 2024-OIKN-

“Sehingga secara total kebutuhan anggaran OIKN Tahun Anggaran 2025 adalah sebesar Rp. 28,3 triliun,” ungkap pria yang juga menjabat Wakil Menteri ATR/BPN tersebut. 

Terkait besarnya penambahan usulan kebutuhan anggaran tersebut, Raja Juli mengatakan memang Kedeputian Sarpras memakan anggaran paling besar yakni Rp. 26,7 triliun. Namun hal tersebut akan digunakan untuk melengkapi ekosistem IKN terbangun tahun 2024-2025.


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Azwar Anas mengungkap aparatur sipil negara (ASN) tak jadi pindah ke IKN atau Ibu Kota Nusantara pada September.-Triboto-

Kegiatan yang diusulkan antara lain pembangunan jalan dan MUT di KIPP, Hunian ASN, Infrastruktur dasar lainnya seperti air minum, persampahan dan limbah, gedung kantor Otorita IKN serta lain sebagainya. 

Selain itu usulan tambahan akan digunakan untuk pengelolaan gedung, kawasan, serta pengelolaan sarana dan prasarana dasar yang sudah terbangun seperti Hunian Pekerja Konstruksi, Hunian ASN, Rusun MBR rumah tapak jabatan menteri dan sebagainya. 

Raja Juli Antoni berharap, dengan disetujuinya usulan tambahan anggaran untuk 2025 ini, Otorita IKN dapat mengelolanya secara akuntabel. “Mudah-mudahan kita bisa mengelola secara akuntabel, transparan, dan kembali mendapatkan WTP dari BPK pada tahun depan,” ujarnya.(*) 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: