Istana Jelaskan Alasan Jokowi Habiskan Sisa Masa Jabatan di IKN

Istana Jelaskan Alasan Jokowi Habiskan Sisa Masa Jabatan di IKN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) selama 40 hari.--Screenshoot/ Youtube

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai hari ini. Persisnya selama 40 hari atau hingga sehari menjelang pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto pada 20 Oktober.

Itu berarti terhitung mulai 10 September hingga 19 Oktober 2024. Kepastian itu disampaikan oleh Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi kepada awak mdeia.

"Istana Garuda tempat presiden bekerja sebagai kepala pemerintahan sudah bisa digunakan. Jadi, wajar jika Presiden Jokowi ingin merasakan bekerja di Istana Garuda sebelum estafet pemerintahan diserahkan kepada presiden berikutnya. Bagaimanapun ini legacy beliau," ujar Hasan kepada wartawan di Jakarta dikutip Selasa, 10 September 2024.

BACA JUGA:Jokowi Habiskan Masa Akhir Jabatan di IKN, Ini Agenda Hariannya!

BACA JUGA:Anggaran Otorita IKN Naik Fantastis, Dari Rp505 Miliar Menjadi Rp27,8 Triliun

Meski demikian, Hasan menuturkan bahwa  Jokowi akan tetap melakukan kegiatan seperti saat berkantor di Istana Jakarta. Agenda kunjungan kerja ke daerah lain juga akan dilaksanakan dengan berangkat dari IKN.


Perkembangan pembangunan bandara IKN--BKIP Kemenhub

Selain itu, Jokowi juga dapat mendelegasikan beberapa tugas kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Terkait kemungkinan adanya perombakan kabinet ketika Jokowi berkantor di IKN, Hasan menekankan bahwa hal itu sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo.

"Jabatan kabinet yang kosong menjelang 20 Oktober nanti bisa diisi Plt (pelaksana tugas) maupun pejabat definitif," jelasnya.

Adapun sebelumnya, rencana Jokowi berkantor di IKN sudah dikonfirmasi oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

BACA JUGA:Menuju PON XXI, Jokowi Resmikan Rehabilitasi dan Renovasi Sejumlah Venue PON di Aceh

BACA JUGA:Naiknya Jumlah Wisatawan ke Museum Tsunami Aceh Jelang PON XXI Tingkatkan Pemahaman tentang Mitigasi Bencana

"Rencana beliau berkantor itu sampai tanggal 19 (Oktober), kemungkinan dari tanggal 10 (September)-19 (Oktober)," kata Heru di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat, 6 September 2024.

Heru menyampaikan bahwa persiapan telah dilakukan. Beberapa pegawai Sekretariat Presiden sudah berada di IKN sejak kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: