Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR, Kuatkan Pancasila di Benua Biru

Konjen RI Hamburg Sambut BPIP dan MPR, Kuatkan Pancasila di Benua Biru

Dewan Pakar BPIP bersama Kepala Biro Fasilitasi Pimpinan, Hubungan Masyarakat, dan Administrasi Disambut Konjen Hamburg, Jerman.-BPIP-

HARIAN DISWAY – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hamburg, Renata Siagian, menyambut rombongan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Wakil Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia di Bandara Internasional Hamburg, Selasa pagi, 10 September 2024.

Kunjungan itu bertujuan untuk memperkuat ideologi Pancasila di kalangan masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg.

Renata menjelaskan bahwa KJRI Hamburg merupakan salah satu dari tiga perwakilan RI di Republik Federasi Jerman, bersama KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt.

Wilayah kerja KJRI Hamburg mencakup Jerman bagian Utara dan Barat Laut, termasuk Hamburg, Bremen, Niedersachsen, dan Schleswig-Holstein.

Keempat negara bagian ini dikenal dengan industri penerbangan, kemaritiman, otomotif, logistik, serta sebagai pusat riset dan lembaga pendidikan.

BACA JUGA:BPIP Tularkan Semangat Pancasila kepada Gen Z dan Milenial di Atas Geladak KRI dr Radjiman Wedyodiningrat

BACA JUGA:FGD BPIP: Mahkamah Etik Solusi Atasi Kerapuhan Etika Negara

Dalam sambutannya, Renata menyebutkan bahwa komunitas Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg sangat beragam, dengan pelajar dan mahasiswa sebagai kelompok terbesar, diikuti oleh ibu/bapak rumah tangga dan karyawan/profesional.

Tercatat sekitar 45 organisasi kemasyarakatan aktif di wilayah ini.

Renata juga menyampaikan bahwa ada masukan dari masyarakat mengenai perlunya pendidikan Bahasa Indonesia dan pemahaman budaya serta ideologi Pancasila untuk anak-anak mereka yang lahir di Jerman.

Hal itu penting untuk menjaga identitas dan hubungan dengan tanah air.

Ahmad Basarah, wakil ketua Lembaga Kajian Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dan ketua rombongan, mengungkapkan kegembiraannya atas kesempatan ini.

Ia menekankan pentingnya kegiatan ini untuk menyatukan masyarakat Indonesia di Hamburg dan menguatkan pemahaman mereka tentang Pancasila.

BACA JUGA:BPIP Berterima Kasih: Kolaborasi Sukseskan Paskibraka 2024 di IKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: