Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Jalan Tol Akses Ke KIPP IKN, Target Rampung Juni 2025

Menteri Basuki Tinjau Pembangunan Jalan Tol Akses Ke KIPP IKN, Target Rampung Juni 2025

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sedang meninjau pembangunan jalan Tol Ibu Kota Negara yang akan ditargetkan rampung pada Juni 2025--

HARIAN DISWAY -  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memanfaatkan waktu liburnya untuk melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Timur Pada Minggu, 15 September 2024.

Basuki meninjau perkembangan proyek pembangunan Jalan Tol Akses  Ibu Kota Negara (IKN) Seksi 6B Outer yang mmebentang dadi Ring Road - Simpang ITCHI dan Akses Tol IKN Seksi 6C dari Simpang ITCHI hingga Simpang 1B Sumbu Kebangsaan Sisi Timur yang berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).


Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) Seksi 6B Outer Ring Road-Sp.ITCHI, dan akses IKN Seksi 6C Sp. ITCHI - Simpang 1B Sumbu kebangsaan Sisi Timur kawasan inti pusat pe--Istimewa

Dalam peninjauannya, Menteri Basuki mengapresiasi kemajuan pembangunan jalan tol tersebut. Menurutnya, pengerjaan proyek ini berjalan dengan rapi dan sesuai rencana.

Ia juga mengingatkan pentingnya percepatan penyelesaian proyek agar dapat segera digunakan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Basuki Hadimuljono Akhiri Karier di Kementerian PUPR, Fokus Mengajar di Masa Pensiun

“Progres pembangunan sudah bagus dan rapi. Kami targetkan selesai pada Juni 2025,” ujar Basuki.

Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Sumadilaga, menambahkan bahwa proyek Jalan Tol IKN Seksi 6B dan 6C juga perlu dilengkapi dengan penghijauan untuk mencegah erosi lahan. 

Ia menyarankan agar metode yang digunakan di seksi jalan tol sebelumnya, yakni penanaman bunga Fidelia, diterapkan di proyek ini karena memiliki manfaat visual dan ekologis yang baik.

BACA JUGA:IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Harus Daftar Lewat Aplikasi IKNOW!

Proyek Jalan Tol IKN Seksi 6B sepanjang 5,7 kilometer dan Akses Tol Seksi 6C sepanjang 5,6 kilometer sedang dikerjakan oleh beberapa kontraktor.

Andre Sirait, Kepala Satuan Kerja Pelaksanaan Pembangunan IKN 1 dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, menjelaskan bahwa progres fisik Seksi 6B telah mencapai 41%, sementara Seksi 6C lebih maju dengan progres 77,35%.

“Untuk Seksi 6B, struktur utamanya sudah selesai, sekarang tinggal tahap cut and fill. Sedangkan Seksi 6C, struktur utamanya sudah mencapai 58,32% dan lahan yang siap dibangun sekitar 38,77%,” kata Andre.

Pembangunan Jalan Tol Seksi 6B meliputi satu jembatan sepanjang 370 meter, dua overpass sepanjang 82 meter, slab on pile di dua lokasi, serta 24 box culvert. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: