Warga Nikmati IKN di Hari Pertama Dibuka Untuk Umum, Bisa Intip Proses Pembangunan

Warga Nikmati IKN di Hari Pertama Dibuka Untuk Umum, Bisa Intip Proses Pembangunan

Masyarakat biasa berjalan di pelataran kompleks Kementerian Koordinator di KIPP IKN di hari pertama pembukaan kunjungan bagi masyarakat umum. OIKN masih membatasi kuota maksimal 300 orang -OIKN-

HARIAN DISWAY - Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dibuka untuk masyarakat umum pada hari ini, Senin, 16 September 2024. 

Masyarakat dapat mengunjungi IKN yang terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, serta melihat langsung perkembangan pembangunannya.

Meski demikian, Otorita IKN  masih membatasi jumlah pengunjung yaitu sebanyak 300 orang per hari untuk memastikan kenyamanan dan kualitas pengalaman (experience) menikmati Ibu Kota. 

Masyarakat yang tertarik berkunjung ke IKN dapat mendaftar melalui aplikasi IKNOW dan mendapatkan tiket secara gratis. Waktu kunjungan ke ibu kota baru tersebut setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WITA.

Pengunjung akan dijemput menggunakan menggunakan kendaraan listrik (EV) atau armada bus listrik yang nyaman dari area parkir yang telah disediakan di rest area dan Simpang Terunen untuk kemudian diantar menuju lokasi kunjungan.

BACA JUGA:IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Kuota Langsung Penuh di Hari Pertama

Pengunjung akan disuguhkan sejumlah lokasi menarik di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), termasuk Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan berkesempatan melihat Istana Garuda yang tengah mengalami efek patina, yaitu perubahan warna pada logam merah menjadi kehijauan akibat oksidasi.

“Saya sangat senang bisa berkunjung ke Nusantara untuk pertama kalinya. Ini adalah kesempatan luar biasa untuk melihat perkembangan kota ini secara langsung,” kata Fransiska, salah satu pengunjung pertama IKN.

Berkaitan dengan hal tersebut, Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw menjelaskan bahwa pembukaan Nusantara untuk umum ini merupakan salah satu langkah untuk memperluas informasi bagi masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Harus Daftar Lewat Aplikasi IKNOW!

Troy mengungkapkan tujuan dibukanya IKN untuk umum agar masyarakat dapat menikmati nusantara secara langsung dan menyaksikan kemajuan pembangunannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: