IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Kuota Langsung Penuh di Hari Pertama

IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Kuota Langsung Penuh di Hari Pertama

Masyarakat sudah bisa mengakses Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Nusantara di IKN mulai Senin, 16 September 2024.-Humas Otorita IKN-

HARIAN DISWAY - Asyik. Masyarakat sudah bisa berkunjung ke Ibu Kota Nusantara (IKN) mulai hari ini. Jadwal kunjungan itu berlaku setiap hari. Mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 sore WITA.

Kabar gembira itu diumumkan oleh Otorita IKN pada Minggu, 15 September 2024. Tentu sekaligus dengan menyertakan panduan kunjungan. Yakni masyarakat bisa mendaftar lewat aplikasi IKNOW.

Di sana juga tertera tuntunan lengkap. Mulai dari akomodasi transportasi hingga lokasi mana saja yang bisa dikunjungi. Yang jelas, masyarakat bisa merasakan sensasi langsung Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa Nusantara

BACA JUGA:IKN Dibuka untuk Umum Mulai Besok, Harus Daftar Lewat Aplikasi IKNOW!

BACA JUGA:Iriana, Wury Ma'ruf Amin dan Ibu-Ibu Kabinet KIM Lepaskan 300 Burung Liar di IKN

“Panduan itu dirancang untuk memastikan pengalaman kunjungan yang nyaman, aman dan memuaskan bagi seluruh pihak,” jelas Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik sekaligus Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw dalam keterangan resmi yang diterima Harian Disway, kemarin.

Namun, Troy menegaskan bahwa jumlah pengunjung maksimal dibatasi hanya 300 orang per hari. Kuota pun langsung penuh pada pembukaan hari pertama. “Terima kasih atas antusiasme yang tinggi dari warga. Kuota akan terus tersedia setiap hari,” jelas Troy.

Pembatasan kuota kunjungan itu mempertimbangkan sejumlah faktor. Salah satunya, saat ini IKN masih dalam proses pembangunan. Sekaligus harus mempertimbangkan aspek keamanan, ketertiban serta keselamatan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Swissotel IKN dan Groundbreaking Mall Duty Free

BACA JUGA:Otorita IKN Gandeng UGM dan KLHK Rancang Penghijauan Nusantara, Jadi Pusat Pendidikan dan Penelitian Hutan Tropis Dunia

“Kami ingin memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk melihat langsung perkembangan Nusantara sambil memastikan bahwa proses pembangunan tetap berjalan optimal,” jelasnya.

Menurutnya, panduan itu adalah bagian dari komitmen untuk melibatkan seluruh rakyat Indonesia dalam perjalanan pembangunan IKN. Selama kunjungan, pengunjung wajib mematuhi ketentuan yang berlaku. 

Seperti menggunakan transportasi umum yang disediakan di titik kumpul, menjaga kebersihan, dilarang merokok, dilarang memasuki area yang bukan sebagai area berkunjung dan mematuhi seluruh arahan dari petugas di lapangan.

BACA JUGA:Presiden Jokowi: Prabowo Janji Percepat Proyek IKN dan Perlu Sinergi TNI-Polri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: