Dalil Bahlil

Dalil Bahlil

ILUSTRASI dalil Bahlil. Bahlil Lahadalia adalah salah seorang politikus yang moncer. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Ada juga sejumlah ekonom Indef. Lembaga kajian ekonomi dan keuangan yang eksis sampai sekarang. Yang di dalamnya banyak pakar mantan aktivis seperti almarhum Rizal Ramli dan Faisal Basri.

Dipimpin Fachry Ali, perjamuan hari itu menjadi ajang untuk mengucapkan selamat kepada pencapaian Bahlil. Tapi, juga ajang memberikan nasihat agar ia menggunakan capaiannya itu untuk berbuat sesuatu untuk bangsa dan negara.

Aviliani, ekonom perempuan yang menjadi peneliti Indef dan komisaris utama Allo Bank, misalnya. Dia mengingatkan Bahlil bahwa negeri ini tidak sedang baik-baik saja. Karena itu, dia minta agar Bahlil menggunakan ”kekuasaannya” untuk membenahinya.

Yang pasti, hari itu yang hadir juga para tokoh politik lintas partai. Ada Viva Yoga yang menjadi salah seorang petinggi PAN. Juga, ada tokoh Partai Demokrat. Dari Golkar, ada Taufik Hidayat yang mantan ketua umum PB HMI.

Saya menjadi teringat Gus Mus yang belum lama ini membandingkan NU dan HMI. Menurut kiai seniman tersebut, HMI itu tersebar di mana saja dan tokohnya tetap saling bersapa. Sementara itu, di NU yang di tempat lain enggan, bahkan takut, saling mendukung.

Yang sama barangkali dalam pandangan tentang ke-Islam-an. NU maupun HMI merupakan organisasi Islam moderat. Tentu saja, keduanya tak bisa diabaikan tentang komitmen kebangsaannya. Komitmen yang sudah nyata dan teruji selama ini.

Bahlil bisa saja disamakan dengan tokoh politik lain yang melejit belakangan ini. Namun, sejarah pencapaian dan basisnya yang berbeda. Kalaupun ada badai, bisa saja ia tidak gampang tumbang seperti lainnya.

Wallahu a’lam. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: