Kuda Nil Viral Moo Deng, Popularitas Justru Membahayakan Dirinya

Kuda Nil Viral Moo Deng, Popularitas Justru Membahayakan Dirinya

Pengunjung Kebun Binatang Khao Kheow Thailand yang melihat Moo Deng.-Khao Kheow Open Zoo-Facebook

HARIAN DISWAY - Dengan pipinya yang merah muda dan karisma alaminya, Moo Deng memiliki jutaan penggemar di dunia maya.

Kuda nil kerdil berusia dua bulan itu juga menarik banyak pengunjung ke Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow di Thailand, tempat tinggalnya.

Meskipun Moo Deng bukan hewan lucu pertama yang menjadi pujaan netizen, baby hippo itu tengah menjadi sorotan. Bahkan, jumlah pengunjung Kebun Binatang Khao Kheow pada akhir pekan meningkat dua kali lipat sejak Moo Deng menjadi viral.

BACA JUGA:Moo Deng, Bayi Kuda Nil Viral, Netizen Anggap Superstar yang Bereinkarnasi Jadi Hewan

Moo Deng mendapatkan ketenarannya berkat akun TikTok Kebun Binatang Terbuka Khao Kheow yang saat ini memiliki lebih dari 2,5 juta pengikut.

“Kelucuan alaminya, juga perilakunya itu yang menarik perhatian wisatawan,” kata Narongwit Chodchoy, direktur kebun binatang tersebut. 

Sayangnya, ketenaran itu berpotensi membahayakan diri Moo Deng. Beberapa pengunjung terlihat melemparkan makanan ke arah bayi kuda nil tersebut untuk menarik perhatiannya.


Keramaian pengunjung Kebun Binatang Khao Kheow di Thailand yang berebut untuk melihat Moo Deng.-Khaokheow.zoo-Instagram

Video online yang diunggah juga mendapati beberapa pengunjung menyiramkan air ke Moo Deng untuk membujuknya bangun dari tidur.

BACA JUGA:Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (5): Kebun Binatang Surabaya Makin Nyaman dan Instagrammable

Narongwit Chodchoi juga mengutuk perilaku tersebut dalam sebuah pernyataan. “Perbuatan tersebut tidak hanya kejam. Tapi juga berbahaya,” kata Chodchoi.

“Kita harus melindungi hewan-hewan itu dan memastikan bahwa mereka memiliki lingkungan yang aman dan nyaman,” pungkasnya.

Kebun binatang Khao Kheow juga telah memasang kamera CCTV di sekitar kandang dan mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap mereka yang mengganggu bayi kuda nil tersebut.

Pengunjung diberikan waktu lima menit untuk melihat Moo Deng dan keluarganya. Mereka juga telah menerapkan strategi manajemen kerumunan. Kebun Binatang tersebut membatasi hanya ada 50 orang saja dalam sekali sesi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cnn