Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (5): Kebun Binatang Surabaya Makin Nyaman dan Instagrammable

Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (5): Kebun Binatang Surabaya Makin Nyaman dan Instagrammable

Para pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (5). Instalasi Selfie Get Love yang ada di KBS.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (KBS) meraih juara 1 dalam ajang Surabaya Tourism Awards (STA) 2024. Tepatnya kategori Nature Based Tourism alias Wisata Alam.

Kebun Binatang yang telah berdiri sejak era kolonial itu mengalahkan dua pesaing lainnya. Yakni Kebun Raya Mangrove Gunung Anyar Surabaya dan Taman Hiburan Pantai Kenjeran.

Dari tahun ke tahun, KBS memang semakin bagus dan seru. Ia benar-benar bisa menjadi jujukan wisata keluarga yang menarik dan edukatif. Tak hanya bagi warga Kota Pahlawan. Tapi juga Jawa Timur dan sekitarnya.

BACA JUGA: Para Pemenang Surabaya Tourism Award 2024: Kokoon Hotel Surabaya (1)

Pada STA 2023, KBS meraih juara II kategori Creative & Innovation. Kini, mereka menjadi juara 1.


Para Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (5). Wisata perahu di dalam KBS. Pengelola maksimal dalam memenuhi kepuasan pengunjung.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

"Tentu bersyukur dan bangga atas raihan ini. Kami akan senantiasa lebih baik ke depan, sekaligus selalu menampung aspirasi masyarakat," ungkap Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia KBS Muhammad Nahroni saat awarding night STA 2024 di Ciputra World Surabaya, 26 Mei 2024.

Ia menerangkan bahwa hingga saat ini KBS berupaya menjadikan pengunjung sebagai bagian dari keluarga. "Kami mencoba memahami keinginan pengunjung. Termasuk kritik dan saran. Kami adakan sampling, kuesioner, dan lain-lain," ungkapnya.

BACA JUGA: Pemenang Surabaya Tourism Award 2024 (2): Wisata Heritage Peneleh

BACA JUGA: Pemenang Surabaya Tourism Awards (3): Shangri-La Andalkan Lobi Cantik dan Kolam Renang Luas

Nahroni dan para pengelola KBS lainnya tak menampik kritik. Itu justru menjadi masukan untuk pembenahan ke depan. "Salah satunya adalah masukan tentang kebersihan. Memang sudah bagus, tapi perlu ditingkatkan lagi," terangnya. 

Ia menambahkan, "KBS ini hutan kota di Surabaya. Jika musim panas, banyak daun-daun meranggas. Itu yang perlu kami cermati. Guguran daun-daun kering itu harus segera diambil. Agar lingkungan tetap bersih," tutur pria 45 tahun itu.

Di dalam lingkungan KBS terdapat instalasi berbentuk hati. Tepatnya di dekat kawasan hewan primata. Instalasi itu kerap digunakan pengunjung untuk berfoto selfie. Instagrammable banget lah pokoknya.

Selain itu, pengelola KBS memiliki program Interaksi dengan Satwa. Salah satunya mengajak pengunjung untuk melihat proses feeding atau memberi makan satwa, lalu ke depan akan membangun areal Breakfast with Tiger. Yakni sebuah ruang santai semacam kafe, yang diletakkan berdekatan dengan kandang harimau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: