Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (5): Kebun Binatang Surabaya Makin Nyaman dan Instagrammable

Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (5): Kebun Binatang Surabaya Makin Nyaman dan Instagrammable

Para pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (5). Instalasi Selfie Get Love yang ada di KBS.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY


Para Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (5). Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia KBS Muhammad Nahroni (tengah), mewakili KBS menerima penghargaan juara 1 Natured Based Tourism dalam ajang STA 2024.-Boy Slamet-HARIAN DISWAY

"Di sebelah kafe tersebut adalah kandang harimau yang dibatasi dengan kaca. Sehingga memudahkan pengunjung untuk berinteraksi dengan satwa. Setiap pengunjung bisa menikmati segala fasilitas di dalamnya," ungkap Nahroni.

Pengelola KBS juga akan membangun kandang aviary sebelah barat. Yakni kandang ren berukuran besar dengan berbagai tanaman dan air mengalir. Pembuatan kandang tersebut menyesuaikan habitat asli satwa burung.

"Saat ini sedang dikerjakan. Di dalamnya nanti ada sungai kecil, juga air terjun mini. Burung-burung nanti akan dilepas di kandang tersebut. Tingginya 30 meter, diameternya 50 meter. Sangat besar," terangnya.

Kandang aviary itu mendapat dukungan dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Kabarnya, Eri meminta desainnya terlebih dahulu untuk segera di-approve. "Pak Wali juga sudah menyetujui rencana pembangunan tunnel atau terowongan bawah tanah," ujarnya.


Para Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024: PD Taman Satwa Kebun Binatang Surabaya (5). Wisatawan asing di lokasi KBS. Pengelola sangat memperhatikan kebersihan objek wisata tersebut.-Sahirol Layeli-HARIAN DISWAY

Tunnel tersebut akan mulai dikerjakan pada bulan Juni. Fungsinya sebagai akses alternatif agar tidak menyebabkan penumpukan pengunjung. Terutama saat hari libur. Di sisi lain, tunnel itu dapat menjadi fasilitas yang menarik.

"Ada tangga menuju ruang bawah tanah, masuk, lalu sampai di halaman KBS," terangnya, sembari menyorongkan telapak tangan, memeragakan akses masuk dan keluar tunel. Wali Kota Eri pun telah menyetujui disain rancangan tunnel tersebut. 

BACA JUGA: Dua Kandidat Kampoeng Tourism Maspati dan Peneleh di Surabaya Tourism Award 2024

Namun, Nahroni belum menyebutkan secara spesifik dari sisi mana akses masuk tunnel tersebut. "Tunggu saja. Pokoknya tahun ini sudah mulai dikerjakan," ujarnya.

Semua program itu diharapkan dapat rampung tahun 2025. Pada ajang STA 2025 mendatang, KBS berencana untuk berpartisipasi lagi. Sebab, STA adalah event untuk memicu semua pihak, baik hotel maupun objek wisata, untuk menghidupkan pariwisata di Kota Surabaya. (*)

BACA SELANJUTNYA: Pemenang Surabaya Tourism Awards 2024 (6): Vasa Hotel Surabaya Bantu Sesama dengan Vasa Touch

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: