Cheng Yu Pilihan: Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur: Jian Ji Tian Xia

Cheng Yu Pilihan: Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur: Jian Ji Tian Xia

Cheng Yu Pilihan: Tri Rismaharini Calon Gubernur Jawa Timur: Jian Ji Tian Xia-Harian Disway-Dokumen Pribadi

Ditanya apa yang menjadi pedoman hidupnyi dan kenapa maju sebagai calon gubernur Jawa Timur, Tri Rismaharini menjawab, "Saya percaya bahwa hidup itu akan mulia dan akan ada kebahagiaan saat kita bermanfaat untuk orang lain." 

Tentu, banyak cara yang bisa kita pakai untuk memberikan manfaat bagi sesama. Bisa dengan menjadi pengajar, bisa dengan menjadi jurnalis, bisa dengan menjadi penulis, bisa dengan menjadi seniman, bisa dengan menjadi pemuka agama, bisa dengan menjadi pengusaha, bisa dengan menjadi politisi ..., atau dengan melakukan hal-hal positif yang lain. Risma memilih jalan politik.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan: David Hardjo Pendeta Madya (Pdm) Gereja Bethel Indonesia: Le Yu Zhu Ren

Bisa jadi, mantan wali kota Surabaya dengan beragam prestasi tersebut yakin bahwa, dibandingkan dengan jalur lainnya, jalur politik akan lebih memungkinkan dirinyi untuk memberikan kemaslahatan sebanyak-banyaknya. Sebab, pada dasarnya, nyaman/tidaknya kehidupan kita, tak lepas dari baik/tidaknya kebijakan yang diambil oleh politisi yang dipilih kita saat pemilu.

Barangkali itulah mengapa Taizong, kaisar dinasti Tang yang menjadikan dinasti Tang mencapai puncak kejayaan, mengatakan begini dalam kitab Zhenguan Zhengyao (贞观政要): "Yang paling krusial dalam berpolitik, adalah mendapatkan orang yang tepat" (为政之要,惟在得人).

Makanya, Wang Anshi, negarawan-cum-sastrawan dinasti Song (1021–1086) dalam satu esainya yang terkenal menganologikan, "Gunanya pemimpin yang tepat bagi sebuah negara ialah laksana tiang pancang. Kalau dapat, negara akan makmur sentosa; kalau tidak dapat, negara akan binasa dan hina" (材之用,国之栋梁也,得之则安以荣,失之则亡以辱).

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Komisaris Utama PT BPR Swasad Artha dan PT BPR Argawa Utama, Bali Budi Argawa: Feng Nian Yu Huang Nian Gu

Masalahnya: apa ciri-ciri orang yang tepat untuk menjadi pemimpin? Kaisar Kangxi dari dinasti Qing menyatakan, "Untuk mengetahui apakah seseorang tepat atau tidak untuk menjadi pemimpin, jangan hanya berpatokan pada bagaimana pendapat orang-orang yang ada di sekelilingnya, tapi tanyakan langsung pada rakyat. Kalau tepat, rakyat akan memujinya dengan bangga; kalau tidak tepat, rakyat pasti akan gelagapan menanggapinya" (凡居官贤否,惟舆论不爽,果其贤也,问之于民,民自极口颂之;如其不贤,问之于民,民必含糊应之).

Kalau begitu, kesulitankah Anda untuk menilai Risma yang berprinsip "兼济天下" (jiān jì tiān xià): membantu dan menyejahterakan sebanyak mungkin manusia?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: