Cheng Yu Pllihan Gabriel Prince Aktor: Zi Qiang Bu Xi

Cheng Yu Pllihan Gabriel Prince Aktor: Zi Qiang Bu Xi

Cheng Yu Pllihan Gabriel Prince Aktor: Zi Qiang Bu Xi-HARIAN DISWAY-Dokumen Pribadi

Ada yang bilang, sumber malapetaka adalah keinginan. Mereka yang, pinjam lirik lagu Doraemon, "Ingin begini, ingin begitu, ingin ini, ingin itu", pada akhirnya tak akan pernah bahagia dan salah-salah malah celaka. Makanya, kata mereka, kita harus membatasi keinginan supaya bisa hidup lebih rileks dan tenang. 

Tapi, ada juga yang mengatakan, kita bisa survive justru karena punya keinginan. Anda tentu akan memilih untuk rebahan dan tidak bekerja kalau Anda tidak punya keinginan untuk bisa hidup tenteram dengan istri yang siap siaga menitahkan Anda untuk tidur di kursi saja begitu uang belanja tak terpenuhi.

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Yohanes Handojo Ketua Umum Formas (Forum Masyarakat Indonesia Emas): Wo Xin Chang Dan

Memang, tidak semua keinginan harus kita wujudkan. Kita perlu menimbang-nimbang kemampuan. Kalau belum mampu, tak usah dipaksakan. Petuah Lao Tzu, "知足常乐 zhī zú cháng lè" (dengan merasa cukup akan senantiasa bahagia), bisa kita jadikan dalil pembenar dalam kondisi demikian. 

Namun, kita perlu juga untuk meningkatkan kemampuan. Dengan cara, kata Gabriel Prince yang aktor sekaligus selebgram asal Surabaya, "Terus semangat, jangan pernah give up, karena pasti ada jalan yang lebih baik buat kita." Dalam artian, seperti yang sejak ribuan tahun lalu diajarkan kitab I Ching, kita mesti "自强不息" (zì qiáng bù xī): memiliki kesadaran untuk pantang menyerah dan keuletan untuk menjadi yang terbaik. 

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan: Yoriko Angeline Aktris: Bi Er Hou Yi

Sebab, siapapun yang mempunyai cita-cita, kemungkinan besar akan menghadapi beragam bentuk rintangan dalam perjalanan mewujudkannya. Spirit pantang menyerahlah yang akan menjadi sumber energi yang memungkinkan kita untuk terus maju meskipun menghadapi pelbagai tantangan atau kegagalan. 

Dengannya, kita akan mampu bangkit setelah jatuh dan kembali melangkah dengan semangat yang sama atau bahkan lebih menggebu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: