Hari Museum Nasional 12 Oktober: Sejarah dan Cara Memperingatinya

Hari Museum Nasional 12 Oktober: Sejarah dan Cara Memperingatinya

Hari Museum Nasional 12 Oktober: sejarah dan cara memperingatinya. -MNI-Disway.id

HARIAN DISWAY - Hari Museum Nasional yang jatuh setiap tanggal 12 Oktober adalah momen penting untuk mengingat kembali peran signifikan museum dalam kehidupan publik.

Museum bukan hanya tempat untuk edukasi, tetapi juga menjadi wahana pelestarian budaya, seni, dan benda-benda bersejarah yang memiliki nilai tinggi. Momen peringatan Hari Museum Nasional adalah kesempatan untuk memperluas pengetahuan dan mengapresiasi kembali sejarah serta warisan budaya Indonesia. Lantas, bagaimana sejarah dari peringatan tersebut? Berikut penjelasannya.

BACA JUGA:Naiknya Jumlah Wisatawan ke Museum Tsunami Aceh Jelang PON XXI Tingkatkan Pemahaman tentang Mitigasi Bencana

Sejarah Hari Museum Nasional

Asal mula peringatan Hari Museum Nasional mengacu pada Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang pertama kali diadakan pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta.

Kegiatan tersebut merupakan keinginan para pelaku museum yang muncul untuk menjadikan museum sebagai bagian penting dari kehidupan bangsa. MMI tersebut dihadiri oleh 40 peserta, termasuk para tokoh museum seperti Drs. Moh. Amir Sutaarga yang dikenal sebagai Bapak Permuseuman Indonesia.

Pada tahun 2015, dalam sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemendikbud, diputuskan untuk menetapkan tanggal 12 Oktober sebagai Hari Museum Nasional. Diskusi ini kemudian dibahas lebih lanjut dalam Musyawarah Museum se-Indonesia di Malang pada 26-28 Mei 2015, di mana 250 pengelola museum dari seluruh Indonesia hadir.

Dalam musyawarah tersebut, tanggal 12 Oktober dipilih sebagai peringatan berdasarkan musyawarah MMI pertama di Yogyakarta.

Sejak itu, tanggal 12 Oktober diperingati sebagai Hari Museum Nasional, sebuah hari yang sangat penting bagi permuseuman di Indonesia. Pada momen ini, museum di seluruh Indonesia mengadakan berbagai acara untuk menarik minat masyarakat agar lebih peduli terhadap kekayaan budaya dan sejarah bangsa.

BACA JUGA:Pengunjung Museum Tsunami Aceh Naik Tiga Kali Lipat Jelang Pembukaan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Cara Memperingati Hari Museum Nasional


Cara memperingati Hari Museum Nasional 12 Oktober. -Instagram @art1newmuseum-Disway.id

Dalam memperingati Hari Museum Nasional yang hadir pada 12 Oktober, kita dapat melakukan berbagai cara untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya museum dan sejarah. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba.

1. Berkunjung ke Museum Lokal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: