Istana Siapkan Mobil dan Pengawalan Antarkan Jokowi Kembali ke Solo

Istana Siapkan Mobil dan Pengawalan Antarkan Jokowi Kembali ke Solo

Presiden Joko Widodo menjelang purnatugas--Biro Pers Sekretariat Presiden

HARIAN DISWAY - Presiden Joko Widodo dijadwalkan pulang ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah, setelah purnatugas pada 20 Oktober mendatang.

Istana Kepresidenan telah menyiapkan mobil Toyota Alphard berplat AD-1-JKW sebagai akomodasi kepulangan Jokowi. Saat ini mobil tersebut sudah tampak terparkir di halaman gedung Kemensetneg Jakarta.

Pada hari yang sama, Jokowi akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu pagi sebelum berangkat ke Solo. 

Koordinator Staf Khusus (Stafsus) Presiden Ari Dwipayana pun mengatakan Istana sudah mempersiapkan skenario kepulangan Presiden Jokowi dari Jakarta ke Solo, Provinsi Jawa Tengah, pada hari purnatugas via jalur darat maupun udara.

BACA JUGA:27 Rangkaian Kereta Jurusan Jakarta Akan Berhenti di Jatinegara Saat Pelantikan Presiden 20 Oktober Mendatang

BACA JUGA:23 Kepala Negara dan Utusan Khusus Negara Hadir dalam Pelantikan Presiden, Dari Mana Saja?

"Mengenai skenario kembali ke Solo itu intinya Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan berbagai skenario. Apakah beliau akan berkenan melalui darat atau melalui udara," kata Ari, Jumat, 18 Oktober 2024.

Sebelumnya, Jokowi dikabarkan akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, menuju Solo.

Jika Jokowi memilih untuk menggunakan jalur darat, mobil Alphard akan mengantarnya langsung ke Solo. Sementara itu, jika melalui udara, kendaraan tersebut akan mengantarkan Jokowi ke Bandara Halim Perdanakusuma.

Ari juga memastikan bahwa pengawalan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) akan tetap ada setelah purnatugas. Bahkan, tim protokol istana juga telah mempersiapkan aktivitas Jokowi saat tiba di Solo pada 20 Oktober mendatang.

BACA JUGA:Prabowo Beri Arahan Pada Calon Wakil Menteri, Siap Tancap Gas Setelah Pelantikan

BACA JUGA:Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran: MPR Gelar Gladi Dua Hari, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

"Setiap mantan kepala negara atau wakil kepala pemerintahan memiliki aturan dalam pengawalan dan itu sudah disiapkan," ujarnya.

Ketika ditanya tentang keluarga Jokowi yang akan ikut serta pulang ke Solo. Dia belum memastikannya, namun memastikan Ibu Negara Iriana Joko Widodo akan turut mendampingi Jokowi pulang ke Solo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: