Era Prabowo-Gibran Dimulai Hari Ini

Era Prabowo-Gibran Dimulai Hari Ini

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bakal dilantik sebagai presiden dan wakil presiden RI periode 2024–2029 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta pada 20 Oktober 2024.--ANTARA

HARIAN DISWAY - Momen bersejarah terjadi pukul 10.00 pagi ini, Minggu, 20 Oktober 2024. Indonesia bakal resmi dipimpin oleh presiden dan wakil presiden baru: Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Gladi bersih acara pelantikan sudah berlangsung di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, kemarin. Semua persiapan sudah oke. Bahkan, Gibran sendiri langsung datang dan memantau ke lokasi.

Gedung MPR itu juga sudah bersolek. Dekorasinya didesain langsung oleh putra Prabowo, Didit Hediprasetyo.

Semua persiapan sudah ditata sejak siang. Mulai dari bentangan karpet merah hingga nuansa dedaunan hijau yang dipasang di bagian dinding lobi utama ruang Rapat Paripurna I.

BACA JUGA:Prabowo Haturkan Terima Kasih kepada Semua Presiden RI, Dari Soekarno hingga Jokowi

“Ya, Mas Didit mendesain acara ini supaya tema hijau, supaya menjadi sebuah tema yang ingin diusung dari tema ini,” kata Ketua MPR RI Ahmad Muzani kepada awak media di Senayan, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Tak cuma itu. Aroma khas bunga melati dan sedap malam juga menguar di lobi utama. Sejumlah bunga ditata rapi di sisi kanan dan kiri lobi gedung. Termasuk sejumlah layar digital yang isinya memamerkan foto dari presiden pertama hingga ketujuh Republik Indonesia telah dipasang.

Momen pelantikan tersebut akan menjadi tonggak baru perjalanan bangsa Indonesia. Bahkan, setidaknya akan dihadiri oleh puluhan kepala negara.

Satu per satu sudah tiba di Jakarta sejak pagi kemarin. Salah satunya, Perdana Menteri Korea Han Duck-soo yang baru tiba pukul 20.27 taadi malam.

BACA JUGA:Pelantikan Prabowo-Gibran: Para Pemimpin Dunia Berdatangan, Dari Sultan Brunei Hingga Wapres China

"Tamu negara yang hari ini menyatakan confirm, kepala negara dan setingkat kepala negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara,” jelas Muzani. 

Para kepala negara itu berasal dari ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN. Menurut Muzani, jumlah tamu negara yang akan hadir kali ini terbilang banyak. 

Tentu saja bakal menjadi kebanggaan dan penghormatan bagi bangsa dan pemerintah Indonesia.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang dijadwalkan hadir otomatis juga akan purnatugas. Lima tahun ke depan, nasib bangsa Indonesia berada di tangan kepemimpinan baru. Selamat bertugas Prabowo-Gibran. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: