Prabowo Umumkan Susunan Kabinet Malam Ini

Prabowo Umumkan Susunan Kabinet Malam Ini

Sufmi Dasco Ahmad -disway.id/anisha aprilia-

HARIAN DISWAY - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad menyatakan bahwa Presiden ke-8 RI Prabowo Subianto akan mengumumkan susunan kabinetnya malam ini, 20 Oktober 2024.

Menurut Dasco, para menteri akan segera dilantik di Istana Negara keesokan harinya. "Jamnya belum tahu, tapi yang pasti nanti malam," kata Dasco saat tiba di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Minggu 20 Oktober 2024.

Dasco mengatakan, setelah pelantikan menteri kabinet yang direncanakan besok pagi, sore harinya akan dilanjutkan dengan acara pelantikan wakil menteri.

BACA JUGA:Gerindra Bantah Tudingan Isu Jokowi Cawe-cawe Pembentukan Kabinet Prabowo

BACA JUGA:Ditunjuk Menjadi Ketua MPR Oleh Partai Gerindra, Ahmad Muzani Berikan Tanggapan Ini

Sebelumnya, Prabowo sudah memanggil kandidat menteri, calon wakil menteri, serta calon kepala badan di rumahnya di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan. Proses tersebut berlangsung dua hari, yakni pada 14 dan 15 Oktober 2024. 

Total 49 orang calon menteri dipanggil pada Senin, 14 Oktober, 2024. Keesokan harinya, ketua umum Partai Gerindra itu menerima 59 orang yang akan mengisi kursi wakil menteri hingga kepala badan.

Dalam pelantikan presiden ini Prabowo Subianto akan menjadi presiden dengan usia tertua saat dilantik. Yakni tepat pada usia 73 tahun 3 hari. 

BACA JUGA:Jokowi Sarankan Keppres IKN Diteken Prabowo, Begini Respons Gerindra

BACA JUGA:Prabowo Ingin Bentuk Kabinet Zaken, Sekjen Gerindra: Profesional Bisa dari Partai

Sebelumnya, gelar presiden tertua di Indonesia disandang oleh Bacharuddin Jusuf atau BJ Habibie. Bapak Teknologi Indonesia itu resmi menjabat sebagai presiden ke-3 RI pada usia 61 tahun pada 1998.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka akan menjadi wakil presiden termuda saat dilantik, yaitu pada usia 37 tahun. Usia Gibran saat pelantikan akan menggeser Mohammad Hatta, wakil presiden pertama Indonesia, yang menjabat pada usia 43 tahun.

*) Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Peserta MBKM Harian Disway

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: