Pidato Presiden Pertama Prabowo, Targetkan Indonesia Swasembada Pangan dan Energi

Pidato Presiden Pertama Prabowo, Targetkan Indonesia Swasembada Pangan dan Energi

Presiden Prabowo Subianto menyoroti masih banyaknya kasus korupsi di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan oleh Prabowo dalam pidato pertamanya usai dilantik pada Minggu, 20 Oktober 2024.-tangkapan layar youtube@tvrparlemen-

HARIAN DISWAY - Prabowo Subianto memberikan pidato kepresidenan pertamanya usai dilantik menjadi Presiden RI ke-8 pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Prabowo berjanji akan membawa Indonesia menjadi negara Swasembada pangan dan energi.

Target tersebut dikatakan dapat tercapai dalam kurun waktu 4 hingga 5 tahun mendatang. Sehingga harapannya dapat mengurangi ketergantungan dari luar negeri. 

"Kita harus mampu produksi dan memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat indonesia, saya sudah pelajari dengan pengamat, paling cepat 4-5 tahun kita sudah capai, bahkan kita siap jadi lumbung pangan dunia," ungkap Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra tersebut menekankan bahwa swasembada pangan perlu segera diwujudkan untuk memastikan ketahanan Indonesia tetap terjaga dalam menghadapi berbagai krisis dan gejolak yang terjadi di dunia.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Resmi Dilantik Sebagai Presiden RI ke-8

BACA JUGA:Prabowo-Gibran Resmi Jadi Presiden-Wakil Presiden RI

"Dalam keadaan krisis dan genting tidak ada yang akan mengizinkan barang mereka masuk, karena itu tidak ada jalan lain swasembada pangan dalam waktu sesingkat-singkatnya," jelasnya.

Selain itu, Presiden Prabowo juga menargetkan Indonesia mampu mencapai swasembada energi. Target ini didasari oleh melimpahnya sumber daya alam yang dianugerahkan Tuhan kepada bangsa Indonesia.

"Indonesia diberikan karunia oleh tuhan memiliki tanaman yang bisa menjadi energi solar dan bensin. Kita punya geotermal dan batu bara yang banyak. Ini adalah kekayaan alam kita yang tidak dimiliki bangsa lain," tuturnya.

BACA JUGA: Momen Haru Jokowi Meninggalkan Istana Negara, Diiringi Sorakan Terima Kasih

BACA JUGA: Prabowo Sudah Tiba di Gedung DPR/MPR RI, Langsung Sambut Para Tamu Negara

Ia mengungkapkan bahwa pemerintah yang akan dipimpinnya nanti akan fokus pada swasembada energi.

Meskipun demikian, Prabowo menegaskan bahwa target-target pemerintah yang dipimpinnya hanya dapat dicapai melalui kebersamaan, kekompakan, dan gotong royong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: