BRI dan Mitra Perkuat UMKM Indonesia Menuju Pasar Global melalui Webinar SMEstaTalk

BRI dan Mitra Perkuat UMKM Indonesia Menuju Pasar Global melalui Webinar SMEstaTalk

Kolaborasi BRI, BBI, BBWI, dan Kementerian Desa dalam SMEstaTalk membantu UMKM Indonesia meningkatkan daya saing global.--BRI

HARIAN DISWAY - Bank Rakyat Indonesia (BRI) memperkuat komitmennya dalam mendukung pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia dengan menyelenggarakan webinar SMEstaTalk pada akhir September 2024.

Acara ini bertujuan memfasilitasi UMKM dalam memperluas akses ke pasar internasional sekaligus meningkatkan daya saing mereka di kancah global. SMEstaTalk merupakan program pelatihan virtual yang dirancang secara khusus bagi nasabah BRI.

Program ini memberikan pelaku usaha wawasan dan keterampilan penting untuk bersiap memasuki pasar ekspor. Webinar ini tidak hanya mencakup edukasi finansial, tetapi juga menghadirkan para ahli industri yang membahas beragam topik strategis.

BACA JUGA: Simak Prosedur dan Info Lelang Properti di BRI untuk Investasi Aman, Ini Panduannya!

Terkait perkembangan bisnis. Dalam enam bulan terakhir, SMEstaTalk telah dilaksanakan sebanyak tiga kali dan hampir diikuti oleh seribu peserta. Program ini merupakan hasil kerja sama antara BRI dan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Juga dengan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), serta didukung oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Direktur Komersial, Kecil, dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, menyatakan.

Bahwa kolaborasi kuat antar pemangku kepentingan sangat penting untuk mendukung UMKM agar bisa tumbuh dan berdaya saing. Menurutnya, UMKM tidak hanya memerlukan akses pendanaan.

BACA JUGA: Kini Membeli Token Listrik Lewat Aplikasi BRImo Makin Lebih Praktis

Tetapi juga pemahaman dalam produksi yang efisien, inovasi berkelanjutan, dan pengelolaan keuangan yang baik.BRI berkomitmen untuk terus menjadi mitra andal bagi pelaku UMKM di seluruh Indonesia melalui program-program.

Seperti SMEstaTalk, yang dirancang tidak hanya untuk membantu mereka bertahan, tetapi juga untuk berkembang di pasar global. Muhammad Asnawi Sabli, Direktur Promosi Produk Unggulan Desa dari Kementerian Desa, turut menekankan.

Tentang pentingnya kolaborasi dalam memperkuat daya saing produk lokal. Andanu Prasetyo, CEO Maka Group dan pendiri Toko Kopi Tuku, menambahkan bahwa menjaga orisinalitas produk sambil terus berinovasi adalah kunci kesuksesan bisnis.

BACA JUGA: Simak Prosedur dan Info Lelang Properti di BRI untuk Investasi Aman, Ini Panduannya!

Selain itu, Nenden Rospiani, CEO Restu Mande, berbagi kisahnya yang berhasil menembus pasar internasional dengan dukungan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.

Dengan rangkaian inisiatif dan dukungan yang diberikan, BRI bersama para mitranya menunjukkan komitmen nyata dalam mendorong UMKM Indonesia menuju level yang lebih tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bri