Inisiatif Lokal Mendunia dari Dua Platform Digital Ini Turut Mendorong Ekspor Produk Indonesia melalui Ekosistem Region
Dua platform digital Tokopedia dan TikTokShop semakin berperan penting bagi UMKM dan brand lokal untuk memperluas jangkauan, meningkatkan daya saing, serta masuk ke pasar global. --Istimewa
"Tetapi juga mampu memperkuat posisi produk Indonesia di kancah internasional melalui pemanfaatan ekosistem perdagangan digital yang inklusif dan kompetitif, sehingga lebih banyak produk UMKM yang menembus pasar global,” terangnya.
BACA JUGA: TikTok Shop Comback! Gabung Tokopedia, Bagaimana Perbedaan Tampilannya?
Program Lokal Mendunia merupakan inisiatif untuk mendorong brand lokal di Indonesia menembus pasar utama Asia Tenggara melalui ekosistem TikTok Shop. Program ini diharapkan dapat mempercepat ekspansi lintas negara dengan infrastruktur TikTok Shop di Asia Tenggara yang sudah siap pakai, sejalan dengan misi mengangkat produk lokal ke panggung global.
Dr. Budi Santoso, M.Si., Menteri Perdagangan Republik Indonesia, pihaknya mengapresiasi upaya platform digital di Indonesia, salah satunya Tokopedia dan TikTok Shop, dalam memperkuat ekonomi digital Indonesia. --Istimewa
Lewat inisiatif Lokal Mendunia yang menghadirkan pembelajaran terarah, aktivitas berbasis misi, dan pendampingan intensif, TikTok Shop by Tokopedia mendung brand lokal dalam memvalidasi potensi pasar, memahami preferensi konsumen, dan meningkatkan kesiapan operasional.
Peserta juga mendapat akses langsung ke tim di tiap negara untuk memahami kebutuhan lokal dan jalur ekspansi, serta terhubung dengan TikTok Shop Partners (TSP) resmi yang menyediakan layanan profesional seperti pembuatan konten, live streaming, pengelolaan toko, hingga dukungan pemenuhan pesanan.
BACA JUGA: TikTok Gabung Tokopedia, Kucurkan Investasi Senilai Rp 23,4 Triliun
Beberapa perusahaan dan brand lokal Indonesia yang telah memanfaatkan TikTok Shop untuk mengembangkan bisnisnya ke kancah dunia. Didukung meningkatnya permintaan global untuk produk sehat dan natural, TikTok Shop membuka akses internasional.
Khususnya bagi brand lokal Indonesia melalui ekosistem terintegrasi, analitik konsumen, serta dukungan konten dan live shopping yang memperkuat kehadiran brand di pasar baru.
Sementara itu, Paragon melalui beberapa brand unggulannya telah memperluas langkah ke Malaysia, didukung tim lokal dan kolaborasi kreator untuk memperkuat keterhubungan dengan konsumen.
BACA JUGA: Dua Jam Lagi! Belanja Kebutuhan Rumah Tangga Saat War Diskon 11.11 di Tokopedia
Dengan memanfaatkan data dan wawasan TikTok Shop, brand unggulan itu mampu membaca tren global, menyesuaikan inovasi produk, serta membangun komunitas melalui live streaming dan kampanye kreator, sehingga distribusi dan promosi lintas negara semakin efektif.
“Keberhasilan Promo Guncang 11.11 yang mencatat hasil memuaskan semakin menegaskan bahwa kolaborasi itu mampu menghadirkan pengalaman belanja yang relevan dan diminati konsumen Indonesia.
"Melalui Gajian Sale & Promo Guncang 12.12, kami menawarkan pilihan yang lebih menarik dan hemat, sekaligus membantu masyarakat menemukan produk dan brand baru yang mereka butuhkan," kata Hilmi.
BACA JUGA: Murah Banget! Mulai Pukul 14.00 WIB, Ini Daftar Produk WAR 11.11 Serba Rp 20 Ribu di Tokopedia
"Kami optimistis program ini dapat terus mendorong pertumbuhan ekosistem e-commerce yang sehat, aman dan memberikan manfaat bagi seluruh pengguna,” sambung Hilmi.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: