Imbas Banjir Grobogan, 4.995 Penumpang KAI Daop 8 Surabaya Batalkan Tiket

Imbas Banjir Grobogan, 4.995 Penumpang KAI Daop 8 Surabaya Batalkan Tiket

KAI Daop 4 Semarang masih memberlakukan pola operasi perjalanan kereta api memutar dan membatalkan beberapa perjalanan KA pada Senin dampak normalisasi jalur Grobogan.-kai-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Imbas banjir Grobogan, Jawa Tengah, masih terus berlangsung. Kini, umlah penumpang yang membatalkan tiket perjalanan di wilayah KAI Daop 8 Surabaya terus bertambah.

Perjalanan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang terganggu. Rintang jalan atau rel kereta api di km 32+5/7 pada petak jalan antara Stasiun Gubug dan Stasiun Karangjati, Kabupaten Grobogan, ambles. Penanganan rintal jalan kereta api itu pun masih terus dilakukan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, masih ada 14 kereta api jarak jauh yang mengalami keterlambatan kedatangan di stasiun tujuan maupun di stasiun wilayah KAI Daop 8 Surabaya.

Rata-rata keterlambatan kedatangan mencapai 60 hingga 90 menit.

"Update terbaru ada 4.995 penumpang yang batalkan tiket perjalanan mulai Rabu, 22 Januari 2025 sampai kemarin sore (Selasa, 28 Januari)," kata Luqman kepada Harian Disway, Rabu, 29 Januari 2025.

BACA JUGA:Banjir Grobogan, 497 Pelanggan Kereta Api Daop 8 Surabaya Batalkan Tiket Perjalanan

BACA JUGA:Imbas Banjir Grobogan, 1.804 Penumpang Kereta Api Batalkan Tiket Perjalanan

Luqman menyebut, jumlah penumpang kemungkinan akan terus bertambah. Menyusul belum selesainya normalisasi jalur rel kereta api pada KM 32+5/7 antara Stasiun Karangjati - Stasiun Gubug, Kabupaten Grobogan, yang tergenang banjir.

"Nanti kami akan update lagi jumlahnya. Karena masih kami himpun datanya," ujar Luqman.

Ia menambahkan, KAI bersama pemerintah daerah setempat sedang berupaya untuk memulihkan jalur yang terdampak banjir secepat mungkin. 

Sebagai kompensasi, lanjut Luqman, para pelanggan terdampak akan dibagikan service recovery sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.

Di samping itu, para pelanggan yang telah melakukan pembelian tiket, namun ingin membatalkan perjalanannya dapat melakukan pengembalian (refund) tiket melalui stasiun pelayanan tiket terdekat. 

BACA JUGA:Sejumlah KA di Daop 8 Surabaya Berangkat Lebih Awal Mulai 1 Februari, Ini Daftarnya

BACA JUGA:Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek, Penumpang KA Daop 8 Surabaya Capai 205 Ribu Orang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: