TPS Sambut Layanan Baru Maersk di Awal 2025

Tim TPS dan Maersk di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, beberapa waktu lalu.-Humas TPS-
SURABAYA, HARIAN DISWAY - PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) melayani rute baru. Layanan tersebut adalah IN2 Service. Dioperasikan oleh Maersk. Tujuannya Tanjung Pelepas, Malaysia, dan Singapura. Kapal perdana yang melayani rute ini, MV. Brickell dengan Voyage 506S, bersandar di dermaga internasional TPS, Kamis, 13 Februari 2025.
“Dengan adanya layanan IN2 Service ini, diharapkan dapat memperkuat jaringan feeder yang lebih andal dan fleksibel di kawasan ini. Serta memberikan lebih banyak pilihan layanan bagi pelanggan,” kata Direktur Utama PT TPS Wahyu Widodo dalam rilis yang diterima Harian Disway, Rabu, 19 Februari 2025.
BACA JUGA: Arus Peti Kemas TPS Terbesar Sepanjang Sejarah
Anak perusahaan Sub Holding Pelindo Terminal Petikemas (SPTP) meluncurkan IN2 Service menjadi layanan baru di awal 2025, diharapkan semakin memperkuat kemitraan strategis antara TPS dan Maersk. “Ini menjadi bentuk kepercayaan yang perlu kami jaga,” tegasnya.
Dukungan fasilitas penunjang layanan, seperti layanan Bea Cukai dan Karantina yang tersedia, menjadikan TPS menjadi: one stop logistic services. Ditambah dengan catatan kinerja baik yang dicapai TPS. Di sisi produktivitas bongkar muat sepanjang 2024 dengan capaian 53 box/ship/hour.
Angka itu melampaui standar nasional yang ditetapkan Kementerian Perhubungan melalui Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak di Surabaya, yakni 48 box/ship/hour. Digitalisasi layanan TPS juga menjadi andalan yang mendukung tata kelola layanan yang efektif, efisien dan transparan. Hal itu guna terpenuhinya empat aspek kebutuhan pelanggan. Yaitu speed of service, reliability, accuracy dan safety & security.
BACA JUGA: Kinerja PT TPS 2024 Ukir Sejarah Baru, Arus Peti Kemas Tembus 1.584.774 TEUs
Head of Ocean Operations Maersk South East Asia & North East Asia (SEA & NEA) Mariel Metzker, yang hadir bersama manajemen TPS dalam penyambutan kapal, mengungkapkan kegembiraannya atas kerja sama yang terus berkembang dengan TPS.
“Peluncuran layanan ini di Surabaya dan Semarang semakin memperkuat jaringan konektivitas Maersk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di Indonesia. Kami sangat senang bisa meningkatkan kolaborasi dengan TPS, yang selama ini memberikan dukungan profesional serta berkontribusi dalam menciptakan efisiensi operasional,” ujar Metzker.
“Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada TPS dan kami akan terus berupaya memberikan layanan prima yang berkelanjutan. Semoga servis baru ini akan membuka pintu peluang untuk meningkatkan kemajuan ekspor di Jawa Timur dan sekitarnya,” tambah Wahyu. (*)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: