Puncak Arus Mudik 28 Maret, 49 Ribu Penumpang Padati Stasiun Wilayah Daop 8 Surabaya

Para penumpang di stasiun Gubeng Surabaya yang siap naik kereta api, Jumat 28 Maret 2025.-Humas KAI Daop 8 Surabaya -
SURABAYA, HARIAN DISWAY - Stasiun gubeng sudah dipadati penumpang untuk melakukan perjalanan mudik lebaran 1446 H. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya mencatat sebanyak 49.103 pelanggan akan beraktivitas di Stasiun di bawah naungan KAI Daop 8 Surabaya.
Diantaranya sebanyak 27.569 pelanggan yang naik dan 21.534 penumpang yang turun. Itu merupakan data terakhir yang dicatat pukul 09.00 WIB. Artinya, angka itu masih akan terus bertambah seiring penumpang yang terus datang ke stasiun.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengatakan, angka itu merupakan angka tertinggi selama masa angkutan lebaran 2025 di Daop 8 Surabaya. Periode masa angkutan lebaran tahun ini mulai 21 Maret-11 April 2025.
BACA JUGA: Persiapan Angkutan Lebaran, 100 Pekerja KAI Daop 8 Surabaya Jalani Tes Narkoba
BACA JUGA: KAI Daop 8 Surabaya Cek Lintas Jalur KA Jelang Angkutan Lebaran 2025
“Hari ini merupakan puncak arus mudik para pelanggan yang menggunakan moda transportasi kereta api. Tahun ini saya merasa antusias masyarakat untuk menggunakan kereta api sangat tinggi,” kata Luqman Arif kepada awak media, Jumat 28 Maret 2025.
Pada Masa Angkutan Lebaran periode 21-28 Maret, Daop 8 Surabaya memberangkatkan sebanyak 317.520 penumpang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 169.087 pelanggan yang naik dan 148.433 pelanggan yang turun di Stasiun wilayah Daop 8 Surabaya.
Pun selama masa angkutan Lebaran 2025, setiap harinya KAI Daop 8 Surabaya memberangkatkan 58 KA Jarak jauh. Terdiri dari 49 KA Jarak jauh regular dan 9 KA Jarak jauh tambahan. “Total tempat duduk yang disediakan perhari berjumlah 25.966 tempat duduk,” jelasnya.
BACA JUGA: Puncak Mudik Lebaran 2025 Pecahkan Rekor Hari Ini, 741 Ribu Penumpang di 37 Bandara
BACA JUGA: Gas Bumi PGN Gagas Dukung Dapur MBG dan Kelancaran Mudik Lebaran 2025
Untuk memastikan kenyamanan perjalanan, Luqman mengimbau pelanggan untuk segera memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI atau situs resmi booking.kai.id.
Dengan memanfaatkan kemudahan teknologi dan mengikuti imbauan perjalanan, pelanggan dapat menikmati pengalaman mudik yang aman, nyaman, dan berkesan bersama KAI.
Luqman juga meminta agar pemudik yang melakukan perjalanan menggunakan kereta api (KA) agar datang lebih cepat dari jadwal yang ditetapkan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di sekitar stasiun. Sehingga, tidak tertinggal KA.
“Dalam menghadapi lonjakan penumpang dan memperlancar proses boarding, KAI Daop 8 Surabaya juga mengimbau seluruh pelanggan untuk memastikan membawa identitas resmi dan tiket perjalanan. Sehingga dapat memperlancar proses boarding,” ucapnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: