Hotel Finalis Surabaya Tourism Awards 2025 Bantu Kuatkan Eksistensi UMKM, Begini Caranya

Hotel Finalis Surabaya Tourism Awards 2025 Bantu Kuatkan Eksistensi UMKM, Begini Caranya

Penyajian snack UMKM oleh finalis Hotel DoubleTree by Hilton Surabaya. - DoubleTree by Hilton - Harian Disway

Hotel tidak hanya menjadi tempat menginap yang nyaman untuk para wisatawan, sekaligus menawarkan pengalaman wisata atau bisnis yang berkesan. Tetapi ia juga merupakan wadah untuk meningkatkan perekonomian warga lokal. 

Seluruh finalis Surabaya Tourism Awards 2025 mempersiapkan seluruh fasilitas yang terbaik untuk para wisatawan. Setiap hotel memiliki keunikan yang berbeda.

Namun, di balik semua keunikan itu, hotel-hotel di Kota Pahlawan bisa menjadi tempat untuk meningkatkan perekonomian warga lokal. Ya, mereka menyediakan spot bagi pengusaha UMKM untuk mendisplay dan menjajakan produknya.

Finalis hotel dari kategori Best Tourist Attraction adalah Kokoon Hotel. Hotel itu memiliki ciri khas yang keren. Yakni menonjolkan nuansa sejarah. Ketika memasuki hotel, ada beberapa barang antik yang mejeng di lobinya.

Ada mesin ketik, telepon rotary, pemutar film, mesin AC, jam dinding, brankas besar yang memperkuat suasana kehidupan di Eropa tempo dulu. Mengingat, Indonesia pada zaman dahulu juga pernah dijajah oleh berbagai bangsa Eropa. 

BACA JUGA:Tiga Finalis Surabaya Tourism Awards (STA) 2025 Tingkatkan Potensi Wisata dan Hiburan

BACA JUGA:Profil Doan Widhiandono, Juri Surabaya Tourism Awards 2025 Sekaligus Pemimpin Redaksi Harian Disway

Meski tergolong dalam kategori Best Tourist Attraction yang memiliki ornamen menarik dan beberapa layanan wisata jelajah sejarah, hotel itu juga berusaha meningkatkan kepedulian terhadap ekonomi masyarakat. 


UMKM Corner disediakan di Kokoon Hotel untuk menjual produk D’Koe dan Ku’ai yang menarik minat pengunjung. - Kokoon Hotel - Harian Disway

Di Kokoon Hotel, telah berdiri UMKM Corner di lobi. Ia menjual berbagai produk lokal. Seperti gantungan kunci Surabaya, kaos Surabaya, pouch batik, tumblr, magnet kulkas, pakaian eco-printing zero waste, dan kerajinan daur ulang. 

"Untuk pakaian di UMKM Corner, kami kerjasama dengan beberapa vendor. Rotasi tiap bulan," jelas Tegar Kanugaran, assistant marketing communication manager Kokoon Hotel. "Ada D’Koe dan Ku’ai. Untuk bulan ini, produk D’Koe yang ada di lobi," lanjutnya.

Sementara itu, DoubleTree by Hilton yang juga menyediakan tempat khusus untuk menjual produk UMKM. Di hotel yang masuk finalis Best Tourism Promotion and Services itu wisatawan bisa menginap sambil mencicipi makanan tradisional Surabaya.

BACA JUGA:Profil Agoes Tinus Lis Indrianto, Juri Surabaya Tourism Awards 2025 dan Dosen Universitas Ciputra Surabaya

BACA JUGA:30 Finalis Kategori Objek Wisata dan Perhotelan Surabaya Tourism Awards 2025 Diumumkan 

Tempat khusus tersebut adalah The Koffee yang terletak di area lobi. Ia menjual produk lokal UMKM Surabaya. Hotel bintang lima itu juga menyediakan program Welcome Snack di dalam kamar untuk tamu VIP dengan menggunakan produk lokal UMKM Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: