Tantangan Hybrid Working, Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi

Tantangan Hybrid Working, Antara Kerja dan Kehidupan Pribadi

Dalam sistem hybrid, karyawan dapat memilih untuk bekerja di kantor pada hari tertentu dan bekerja dari rumah pada hari lain.-Pinterest-Pinterest

2. Kurangnya interaksi: Terlalu banyak bekerja dari rumah, meskipun fleksibel, dapat menyebabkan rasa terisolasi dan kurangnya interaksi sosial dengan rekan kerja.

Interaksi informal di kantor sering kali penting untuk membangun hubungan, kolaborasi, dan rasa kebersamaan.

BACA JUGA:5 Minute Rule, Strategi Mengatasi Penundaan Pekerjaan

Kekurangan interaksi dapat membahayakan kesehatan mental dan rasa keterikatan dengan perusahaan.

3. Adanya ketidaksetaraan pengalaman kerja: Hal itu mungkin terjadi dalam perbedaan antara karyawan yang lebih sering bekerja di kantor dan yang bekerja dari rumah.

Sebab, penerapan sistem hybrid yang tidak merata atau tidak jelas. Itu dapat memengaruhi rasa inklusi, peluang pengembangan karier, dan akses informasi.

BACA JUGA:Efek Zeigarnik, Cara Otak Menyimpan Pekerjaan yang Belum Usai

4. Tantangan komunikasi dan kolaborasi: Meskipun teknologi telah memungkinkan komunikasi remote, kolaborasi yang efektif, dan aliran informasi yang lancar dalam tim hybrid, komunikasi yang tidak efektif dapat menyebabkan kesalahpahaman, keterlambatan, dan penurunan produktivitas.


Salah satu kelebihan dari hybrid working yaitu meningkatkan keseimbangan hidup dan kerja.-Freepik-Freepik

Tak hanya tantangan, ternyata hybrid working juga mempunyai kelebihan sebagai berikut:

1. Fleksibilitas waktu dan tempat: Salah satu keunggulan utama sistem kerja hybrid, atau hybrid working, adalah fleksibilitas dalam hal waktu dan tempat kerja.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Pekerjaan untuk Sarjana Pendidikan yang Enggan Mengajar

Dengan hybrid working, karyawan dapat mengatur jadwal kerja mereka sesuai dengan kebutuhan mereka dan memilih bekerja dari kantor, rumah, atau tempat lain yang mereka sukai.

2. Lebih hemat biaya: Sistem kerja hybrid dapat menguntungkan bisnis. Sebab, sistem itu memungkinkan karyawan tidak selalu berada di kantor.

Sehingga pelaku bisnis dapat mengurangi biaya operasional. Seperti sewa ruang kantor, listrik, internet, dan fasilitas lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: