Wali Kota Pasuruan Paparkan Layanan Pengaduan e-sambat Pada Ombudsman RI

Wali Kota Pasuruan Paparkan Layanan Pengaduan e-sambat Pada Ombudsman RI

Ombudsman RI mengunjungi Kota Pasuruan untuk memberi arahan pelayanan publik yang ideal-Lailiyah Rahmawati-

HARIAN DISWAY- Ombudsman Republik Indonesia berkunjung ke Kota Pasuruan, Jumat 20 Juni 2025.

Agenda kunjungan tersebut terkait kerjasama untuk meningkatkan pelayanan publik.

Ombudsman RI memberikan arahan terhadap jajaran pelaksana pelayanan publik di kota pasuruan serta penandatanganan nota kesepakatan antara Ombudsman RI dengan Pemerintah Kota Pasuruan. 

Ombudsman RI baru pertama kali mengunjungi Kota Pasuruan. Penandatanganan kerja sama Ombudsman RI dengan Pemerintah Kota Pasuruan menyangkut nota kesepakatan percepatan penyelesaian laporan atau pengaduan masyarakat. Kemudian, pencegahan mal administrasi, serta pertukaran data informasi dan untuk pengembangan SDM.

BACA JUGA:Wali Kota Pasuruan Susuri Sungai Gembong, Temukan Sampah dan Bangunan Liar

Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo mengimbau  jajaran Pemkot Pasuruan untuk mengikuti arahan yang disampaikan oleh Ombudsman RI untuk memberikan layanan publik kemasyarakat secara maksimal.

"Arahan dari Ombudsman RI bahwa sektor layanan publik menjadi sektor utama bagi tugas kita, di pemerintahan itu ada urusan wajib dan urusan pilihan. Maka layanan publik ini menjadi layanan wajib bagi kita seiring ekspetasi publik yang semakin tinggi," kata pria yang akrab disapa Mas Adi tersebut. 

Mas Adi mengatakan, Kota Pasuruan sudah memiliki layanan pengaduan yakni e-sambat. Ia menjabarkan sebagian besar keluhan dan laporan dari warga Kota Pasuruan langsung direspon sesuai tugas instansi yang terkait. 

BACA JUGA:Terdampak Efisiensi, Anggaran Reses DPRD Pasuruan Bisa Dipotong 62 Persen

"Hari ini kita sudah menyediakan layanan untuk pengaduan terhadap layanan publik, kita punya yang namanya e sambat, kita punya namanya span lapor yang harapannya publik bukan hanya menyampaikan keluhannya tapi bagaimana tindak lanjutnya dari laporan publik," jelas Mas Adi. 

Dengan kunjungan Ombudsman RI, Mas Adi berharap Ombudsman RI bisa memberikan kerangka layanan publik seiring dengan tuntutan ekspetasi publik yang semakin tinggi. Ombudsman RI dapat memberikan kerangka bagaimana layanan publik yang ideal sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman.(Lailiyah Rahmawati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: