Bersaing Lewat Dampak: Arah Baru Kompetisi E-Commerce di Indonesia berdasarkan Riset Ipsos 2025.

Ilustrasi belanja online-Beli baju lebaran lebih aman dan tenang-Freepik
Menariknya, di antara UMKM dan brand lokal yang menggunakan fitur interaktif Shopee, mayoritas setuju Shopee Live dan Shopee Video memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan penjualan mereka.
Kehadiran fitur itu tidak hanya menjadi kanal promosi yang efektif. Tapi sekaligus alat komunikasi yang membangun kepercayaan konsumen.
Jika fitur interaktif membangun kedekatan emosional antara penjual dan pembeli, maka fitur iklan memungkinkan pelaku UMKM dan brand lokal menjangkau audiens lebih luas, dengan efisiensi biaya yang disesuaikan skala kebutuhan.
BACA JUGA:Shopee 12.12 Birthday Sale: Penjualan Brand Lokal dan UMKM Melonjak Hingga 7 Kali Lipat!
Dalam konteks itu, 62% responden menilai program iklan Shopee sebagai yang paling efektif dan merasakan peningkatan penjualan signifikan selama periode iklan berlangsung.
Pengaruh program & kampanye tematik
Bagi pelaku usaha lokal, partisipasi kampanye berskala besar seperti Ramadan menjadi salah satu momentum besar dalam perjalanan bisnis mereka.
Dengan tingginya intensitas belanja selama periode itu, para platform e-commerce pun saling adu strategi lewat kampanye tematik yang kompetitif dan menarik.
BACA JUGA:Shopee Live Vilmei Pecahkan Rekor! Flash Sale Mobil Rp 12 Ribu Bikin Heboh
Seperti Shopee Big Ramadan Sale, Ramadan Ekstra Seru di TikTok Shop dan Tokopedia, serta Ramadan Mega Sale Lazada. Untuk memahami sejauh mana efektivitas masing-masing kampanye, hasil riset berikut ini mengungkapkan:
Hasil riset Ipsos Indonesia terkait efektivitas e-commerce.-Dok. Istimewa-
Tingginya total persentase partisipasi menunjukkan bahwa banyak UMKM & Brand Lokal yang mengikuti lebih dari satu kampanye lintas platform secara bersamaan, memaksimalkan peluang dari berbagai kanal yang tersedia.
Namun demikian, kampanye Shopee Big Ramadan Sale menjadi yang paling banyak diikuti oleh UMKM & brand lokal. Dan dinilai paling memberikan dampak nyata terhadap penjualan selama periode promosi berlangsung.
BACA JUGA:Jadwal Flash Sale iPhone di Promo Puncak Shopee 12.12 Birthday Sale
Program Ekspor: Mendorong UMKM Menembus Pasar Global
Di sisi lain, ekspansi ke pasar global masih menjadi tantangan bagi UMKM & Brand Lokal. Keterbatasan logistik, minimnya pemahaman terhadap pasar luar negeri, serta kurangnya pendampingan.
Oleh karena itu, program ekspor yang diusung para pemain e-commerce kini turut menjadi medan persaingan yang tak kalah mencuri perhatian.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: