KAPPI Tegaskan Eksistensi Kopi Indonesia di Jepang Lewat SCAJ 2025 dan Expo 2025 Osaka

KAPPI Tegaskan Eksistensi Kopi Indonesia di Jepang Lewat SCAJ 2025 dan Expo 2025 Osaka

KAPPI memperkenalkan kopi Nusantara serta eksistensi petani dalam ajang SCAJ 2025 dan Expo 2025 di Jepang.-KAPPI-

HARIAN DISWAY - Kopi Indonesia kembali mendapat panggung prestisius di Jepang. Itu terjadi berkat kiprah Yayasan Pendidikan Pengembangan Perkopian Indonesia (KAPPI Global).

Melalui partisipasi di Specialty Coffee Association of Japan (SCAJ) Conference 2025 dan peran sebagai Official Coffee Partner di Expo 2025 Osaka, KAPPI menyajikan cita rasa kopi Nusantara. Sekaligus menegaskan komitmen terhadap edukasi petani, keberlanjutan mutu, serta kerja sama lintas negara.

Dalam gelaran SCAJ Conference 2025 di Tokyo Big Sight, KAPPI tampil dalam dua peran sekaligus. Pertama, bergabung dalam booth Indonesia bersama KBRI Tokyo, Bank Indonesia, dan Indonesia House of Beans (IHoBs).

BACA JUGA:Hari Kopi Internasional 2025, 1 Oktober: Denyut Nadi Surabaya dalam Segelas Kopi

Peresmian booth tersebut ditandai sambutan Maria Renata Hutagalung, KUAI KBRI Tokyo, yang menegaskan pentingnya kualitas dan keberlanjutan sebagai jembatan kerja sama Indonesia–Jepang.

“Partisipasi Indonesia dalam pameran ini mencerminkan kemitraan panjang. Khususnya dalam kecintaan bersama terhadap kopi. Kami ingin memastikan kopi Indonesia hadir sebagai simbol kualitas, keberlanjutan, dan inovasi,” ujar Maria Renata.

Selain itu, KAPPI menghadirkan booth mandiri yang menonjolkan keragaman kopi Indonesia. Tidak sekadar pameran, booth itu juga menjadi ruang edukasi tentang praktik berkelanjutan hingga literasi kopi.

BACA JUGA:Hari Kopi Internasional 2025: Tema, Asal-Usul, dan Perjalanan Kopi dari Ethiopia ke Indonesia

Salah satunya melalui pemutaran film dokumenter karya Budi Kurniawan, yakni House of Cula dan Mantra of Kahwa. Kedua karya itu melanjutkan tradisi film-film kopi sebelumnya. Seperti Aroma of Heaven dan Legacy of Java.

“Kopi membuat kita melek banyak hal. Film kopi adalah literasi yang menjawab seberapa dekat kita dengan minuman yang kita nikmati setiap hari,” tutur Budi Kurniawan.


Tim KAPPI dalam SCAJ 2025 di Jepang.-KAPPI-

Selepas Tokyo, langkah KAPPI berlanjut ke Expo 2025 Osaka. Lembaga itu dipercaya sebagai Official Coffee Partner Paviliun Indonesia. Di ajang dunia tersebut, KAPPI mengusung misi reintroduksi kopi Indonesia ke pasar Jepang.

BACA JUGA:7 Jenis Kopi Ini Aman Bagi Penderita Asam Lambung, Tak Khawatir Perut Perih

Dua forum bisnis utama pun digelar. Yakni “Comeback with Confidence: Bringing Indonesian Coffee Back to the Heart of Japan” dan “Global Coffee Market Insight 2025: From Indonesia to Japan, for the World.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: