Mahorahora Berdayakan Petani Gula Aren Lokal, Optimalkan Transformasi Digital melalui Shopee

Mahorahora Berdayakan Petani Gula Aren Lokal, Optimalkan Transformasi Digital melalui Shopee

CEO & Founder Mahorahora Bumi Nusantara Slamet Sudijono menggairahkan perdagangan gula aren dari petani nira di Sukabumi lewat Shopee.--shopee

BACA JUGA:MV Baru JKT48 x Shopee: Warna-Warni Musik, Belanja, dan Energi Positif

BACA JUGA:Kisah Inspiratif Ojol ShopeeFood Sukses Raih Mimpi hingga ke Taiwan

Slamet membuktikan bahwa mengoptimalkan Shopee dapat menjadi pintu bagi UMKM lokal untuk memperluas jangkauan dan menembus pasar nasional.

Berawal dari garasi rumahnya di Sukabumi, Slamet mulai menjual gula aren organik Mahorahora melalui Shopee pada tahun 2020.

“Dari Shopee banyak membantu dan memfasilitasi kami sejak awal bergabung. Sehingga saya merasa sangat terbantu dari sisi pelaku usaha, khususnya untuk pemula yang bermodalkan tekad untuk berani mencoba,” ungkapnya. 

Sebagai pelaku usaha, menurut Slamet, ia dituntut beradaptasi dengan perkembangan dan di saat yang sama mengatur strategi untuk bisa menjangkau lebih banyak konsumen. 

BACA JUGA:Shopee dan JKT48 Buktikan Chemistry Kuat Lewat MV 'Lebih Hemat, Lebih Cepat'!

BACA JUGA:Kolaborasi Epik JKT48 dan Shopee Hadirkan MV

Bergabung dengan Shopee adalah salah satu upaya untuk membawa bisnis gula aren ke jangkauan yang lebih luas.

“Bisa dibilang penjualan online kami berkontribusi dalam perkembangan bisnis. Sebagai perbandingan, usaha yang dirintis dari garasi rumah baru memiliki omzet Rp2 juta dalam sebulan, tetapi kini omzetnya telah tumbuh 100 kali lipat,” lanjut Slamet.

Kesuksesan Mahorahora tidak datang dalam semalam. Slamet mengaku perjalanan di e-commerce penuh proses pembelajaran dan perbaikan. 

Ia mulai mengoptimalkan foto produk, deskripsi menarik, promosi interaktif, hingga live streaming di Shopee Live, yang kini menyumbang sekitar 15 persen dari total penjualan. 

BACA JUGA:Baru Launching, Iklan Shopee Ini Langsung Trending dan Viral di Sosmed!

BACA JUGA:Shopee Bikin Belanja Lebih Hemat dan Lebih Cepat, Garansi Harga Terbaik dan Besok Pasti Sampai!

Ia juga mempelajari penggunaan keyword produk yang benar, bagaimana cara mengambil foto yang menarik hingga strategi iklan untuk meningkatkan visibilitas.

Mahorahora juga aktif mengikuti kampanye Shopee seperti tanggal kembar (double date) yang mampu meningkatkan penjualan secara signifikan.

Bahkan, pada bulan Ramadan dan akhir tahun, rata-rata lonjakan penjualan bisa mencapai dua kali lipat dibandingkan hari biasa.

E-commerce membuka banyak peluang. Shopee sudah menyediakan berbagai fasilitas yang memudahkan dan kesempatan untuk terus berkembang memajukan produk lokal. Tinggal kemauan kita aja untuk belajar dan berani memulai,” tegas Slamet.

BACA JUGA:Cara Mengisi Saldo DANA dari Aplikasi ShopeePay, Cukup Gunakan Smartphone dan Internet

BACA JUGA:Cara Menambah Saldo DANA dengan Memaksimalkan Shopee Affiliate

Berkat strategi digital yang konsisten, Mahorahora kini menjual produknya ke seluruh pelosok Indonesia, bahkan menembus pasar internasional. Salah satu kafe di London, Inggris, Bija Coffee juga menggunakan gula aren Mahorahora sebagai bahan utama dalam menu kopi gula aren. Ternyata, itu menjadi salah satu menu terlaris di sana.

Selain Inggris, Mahorahora juga mulai menembus pasar Jepang dan Selandia Baru, serta tengah mempersiapkan pengiriman satu kontainer gula aren ke Eropa untuk digunakan sebagai bahan baku camilan.

Kunjungi Mahorahora di Shopee melalui https://shopee.co.id/mahorahora.indonesia. Untuk mendukung pertumbuhan brand lokal dan UMKM, Shopee menghadirkan kanal Shopee Pilih Lokal, wadah khusus untuk kurasi produk lokal berkualitas dengan berbagai penawaran menarik. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: