Darurat Curanmor, Kampung Dipasang CCTV

Senin 14-11-2022,05:00 WIB
Reporter : Yusuf Dwi
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY- PEMKOT Surabaya berencana memasang CCTV di seluruh perkampungan Surabaya mulai tahun depan. Hal itu merespons pencurian sepeda motor (curanmor) yang akhir-akhir ini marak di lingkungan masyarakat.

Menurut data Reskrim Polrestabes Surabaya, sudah ada 101 kejadian curanmor selama September-Oktober 2022. Total ada 74 pelaku yang ditangkap.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, masyarakat harus berperan aktif untuk bergotong royong mengurangi angka curanmor di setiap wilayah masing-masing.

”Nanti tiap RW akan diberi CCTV. Dengan begitu, kami minta untuk dijaga kampungnya sehingga Surabaya aman bukan karena pemerintahnya, tapi karena warganya sendiri,” kata Eri, Sabtu, 12 November 2022.

Maraknya curanmor itu dipicu karena menjelang akhir tahun. Beberapa wilayah di Surabaya sudah mengantisipasi dengan memasang CCTV di setiap sudut kampung. Bahkan, kesadaran itu sudah dilakukan cukup lama oleh warga.

Itu terlihat di Kalibokor 1 Stail Kertajaya. Pemasangan CCTV sudah dilakukan hampir tiga tahun terakhir. Biaya operasional diambil dari iuran kas warga. 

”Alhamdulillah, gak pernah lagi (pencurian). Dulu, sebelum dipasang, banyak kasus helm sampai sepeda hilang di sini,” kata Andri Kusdianto, salah seorang warga. (*)

 

Kategori :