Crossing Rel JLLB Sudah Tersambung

Rabu 21-12-2022,05:00 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, HARIAN DISWAY- Akhirnya, crossing rel Jalan Jalan Lingkar Luar Barat (JLLB) sisi Sememi sudah tersambung. Jalan itu melintas di atas rel kereta api sepanjang 50 meter. Yakni dengan pemasangan 20 unit beton girder.

Pemasangan unit balok itu tuntas dikerjakan sejak 8 Desember. Lebih cepat dari target sebelumnya, 15 Desember, sesuai kesepakatan dengan PT KAI. “Karena di minggu kedua Desember ini transportasi kereta api mulai padat menjelang natal dan tahun baru,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Jalan dan Jembatan Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga (DSDABM) Surabaya Adi Gunita, Selasa, 20 Desember 2022. 

Kini, usai tersambung, pekerjaan dilanjutkan dengan pengecoran lantai beton. Sekaligus penyelesaian grider di sisi timur sepanjang 40 meter dan 30 meter. Ditarget tuntas akhir tahun nanti.

Adi pun memastikan bahwa pengerjaaan 50 meter itu tidak akan ada adendum atau tambahan perjanjian. Sehingga tidak akan ada pengerjaan yang terbengkalai. Sebab, pengerjaan itu sudah dipatok pada tahun anggaran belanja sebelumnya.

Tahun ini akan dituntaskan penyambungan hingga 1,050 kilometer. Kemudian dilanjutkan 1,9 kilometer pada tahun depan. Anggarannya tidak hanya dari APBD, tetapi sebagian besar dari APBN. Pembangunan jembatan bakal difokuskan pada simpang sebidang Romokalisari. 

“Kalau rencananya, pemerintah pusat mengerjakan sisi barat dan pemkot akan mengerjakan sisi timur,” ungkapnya. JLLB nanti juga akan melintasi sisi selatan yakni Kendung Rejo. Meski pengerjaan tersebut masih tersendat lantaran ada sekitar 85 persil milik warga setempat yang belum dibebaskan. 

Tentu saja bakal disambungkan ke frontage Citraland, Lakarsantri hingga Driyorejo, Gresik, dekat Kali Makmur. Panjangnya sekitar 18 kilometer. Mengingat proyek JLLB ini memang telah lama dinantikan warga Surabaya agar bisa mengatasi kemacetan di wilayah barat. 

Project Manajer PT Dewanto selaku pelaksana kerja JLLB, Iwan Tri Eristanto mengatakan, pengerjaan JLLB sepanjang 50 meter sudah mencapai 85 persen. Yang utama kurang dua span pemasangan girder. Yakni satu span bentang 30 meter dan satu span bentang 40 meter. “Semoga bisa segera terpasang semua akhir tahun nanti,” katanya. (*)

 

Kategori :