Semantok, Bendungan Ke-30 Jokowi, Terbesar di Asia Tenggara

Rabu 21-12-2022,10:35 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Salman Muhiddin

NGANJUK, HARIAN DISWAY - Kabupaten Nganjuk kini punya bendungan raksasa. Lokasinya di Dusun Kedungpingit, Desa Sambikerep, Kecamatan Rejoso. Jika melintas di Jalan Nganjuk-Bojonegoro, gerbang masuk Bendungan Semantok itu berada di sisi barat.

 

Diklaim sebagai bendungan terbesar di Asia Tenggara, kapasitas tampung bisa mencapai 32,6 juta meter kubik. Luas genangannya 365 hektare. Perkiraan sanggup mengairi sawah hingga 1.900 hektare. Airnya bersumber langsung dari aliran Sungai Semantok. 

 

Bendungan Semantok dibangun mulai Desember 2017 dengan tipe zonal inti tegak. Punya tinggi 38,5 meter. Panjang puncak bendungan adalah 3,1 kilometer. “Inilah yang kita harapkan dengan bendungan ini. Mestinya yang sawah terairi, biasanya panen sekali bisa panen dua kali. Yang biasa panen dua kali bisa tiga kali,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi), Selasa, 20 Desember 2022.

 

Bendungan dengan anggaran Rp 2,5 triliun itu adalah bendungan ke-30 yang diresmikan. Masih ada 27 bendungan yang akan dibangun hingga 2024. Seluruhnya telah dimasukkan dalam proyek strategis nasional (PSN).

 

“Karena air adalah kunci, baik untuk pertanian maupun hal-hal lain seperti listrik, pariwisata, dan semuanya,” ujar Jokowi. Menurutnya, semakin banyak bendungan maka produksi pertanian bisa makin meningkat. Kesejahteraan petani pun ikut terjamin makin baik. (Mohamad Nur Khotib)

Kategori :