Pers di Mata Pangdam V Brawijaya TNI Farid Makruf

Kamis 09-02-2023,18:30 WIB
Reporter : Candraditya
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Pangdam V Brawijaya TNI Farid Makruf mengucapkan selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan Jurnalis di Indonesia. Pernyataan itu disampaikan saat mengunjungi  Tjap Go Meh di Disway News House, 8 Februari 2023.

Pangdam dan Dahlan Iskan bernyanyi, makan bersama dan bercengkrama dengan beberapa pengusaha. 

"Selamat Hari Pers Nasional untuk Harian Disway. Semoga selalu  terdepan, terpercaya dan anti mainstream. Selamat Hari Pers Nasional untuk seluruh insan pers," katanya.

Farid melantunkan lagu hitz Mandarin yang telah di populerkan oleh Teresa Teng.

"Senang, saya pikir ini sesuatu yang baik. pembauran. Bahwa kita mengembangkan budaya berbeda tidak harus disikapi dengan sesuatu yg harus dipertentangkan. Perbedaan itu rahmat Tuhan yangkalau kita syukuri bisa mempersatukan dan jadi kuat." katanya.

"Bikin acara yang lebih besar. Jangan di tahun ini saja, tahun berikutnya harus ada kejutan lagi" pintanya.


GERAK RANCAK komunitas Senam Dahlan Iskan di tengah acara Open House Tjap Go Meh, Rabu, 8 Februari 2023.-Boy Slamet-Harian Disway-

Ia juga menyampaikan wartawan sangat berperan dalam kemerdekaan Indonesia. Juga saat Indonesia mempertahankan kedaulatannya saat Perang Revolusi Nasional Indonesia 1945-1949.

Pasca merdeka peran jusnalis menjadi lebih kompleks. Selain menjadi salah satu pilar demokrasi, pers memiliki peran meningkatkan literasi dan mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Penetapan hari pers nasional di tanggal 9 Februari bukan suatu alasan. Pada tahun 1946, saat kongres ke-28 di Padang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menjadi topik pembahasan.

Dalam pembicaraan tersebut, rekan media banyak memberikan masukan. Salah satunya agar di tetapkannya HPN  9 Februari. Kemudian akhirnya usul tersebut di tetapkan melalui keputusan Presiden Republik Indonesia No.5 tahun 1985. (*)

Kategori :